alexametrics

Jelang Pengumuman Cadangan Devisa, IHSG Berpeluang Menguat Hari ini

7 April 2020, 09:14:51 WIB

JawaPos.com – Perdagangan pasar saham Indonesia diperkirakan masih dalam tren pelemahan. Namun, terdapat peluang positif yang bersifat teknikal untuk Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dapat berbalik arah menguat atau rebound. Sentimen tersebut berasal dari data ekonomi makro.

Analis PT Indosurya Bersinar Sekuritas, William Suryawijaya, pelaku pasar dapat merepons positif menjelang rilis data cadangan devisa Maret 2020 yang akan dilansir hari ini. Menurutnya, pada perdagangan hari ini laju IHSG akan berada di kisaran level 4.522-4.907.

“Perjalanan kenaikan IHSG masih bersifat technical rebound. Data ini akan memberikan sentimen positif terhadap pola pergerakan IHSG ,” ujarnya di Jakarta, Selasa (7/3).

Di sisi lain, lanjutnya, dari market regional dan global serta fluktuasi harga komoditas akan juga akan mewarnai pergerakan IHSG. “Momentum koreksi wajar bisa dimanfaatkan investor untuk mengakumulasi pembelian dengan target investasi jangka pendek,” ucapnya.

Sementara, analis PT Binaartha Parama Sekuritas, Muhammad Nafan Aji Gusta Utama juga memperkirakan, IHSG hari ini melanjutkan tren bullish untuk menuju target batas atas atau resistance terdekat di level 4.883, setelah kemarin kembali ditutup menguat sebesar 4,07 persen di posisi 4.811.

Menurutnya, berdasarkan indikator MACD pergerakan IHSG secara teknikal telah membentuk pola golden cross di area negatif. Sementara itu indikator Stochastic dan RSI bergerak ke atas menuju area jenuh beli (overbought).

Berdasarkan rasio fibonacci, kata Nafan, saat ini support pertama dan kedua IHSG berada di level 4.697 dan 4.529. Sedangkan resistance pertama dan kedua di posisi 4.883 dan 4.997.

“Di sisi lain, terlihat pola three advancing soldiers candlestick yang mengindikasikan adanya bullish continuation pada pergerakan IHSG, sehingga indeks berpeluang menuju area resistance,” tuturnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads