alexametrics

Debut Perdana Bukalapak Melantai di BEI, Sahamnya Meroket 24,7 Persen

6 Agustus 2021, 14:17:21 WIB

JawaPos.com – PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) resmi mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) melalui pencatatan saham perdana (Initial Public Offering/IPO). Pada pelaksanaan penawaran umum perdana saham (IPO) ini, Bukalapak menjadi emiten ke-28 tahun ini.

Dalam debut perdananya, harga saham BUKA langsung menguat sebesar 24,7 persen atau mentok di batas atas titik autorejection pada level Rp 1.060 per saham dari harga yang ditawarkan Rp 850 per lembar, dengan volume transaksi sebanyak 30 juta lot. Sehingga, nilai transaksi di awal perdagangan hari ini tercatat senilai Rp 318 miliar.

Bukalapak menawarkan saham kepada publik sebanyak 25.765.504.800 lembar bernilai nominal Rp 50 per saham atau setara dengan 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah IPO. Dalam aksi korporasi ini perusahaan e-commerce mampu meraup dana segar sebanyak Rp21,9 triliun.

Manajemen BUKA menunjuk PT Mandiri Sekuritas dan PT Buana Capital Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi Efek (Joint Lead Managing Underwriters).

Direktur Utama Bukalapak, Rachmat Kaimuddin mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan proses penawaran awal (bookbuilding) dan roadshow pada 9-19 Juli 2021 dan penawaran umum pada 27-30 Juli 2021. Sebagai hasil dari antusiasme yang besar dari para investor publik, kata Rachmat, tercatat jumlah pemesanan yang tinggi (melalui metode pooling allotment) mencapai Rp 4,8 triliun.

“Kami sangat bersyukur bahwa proses IPO dapat berjalan dengan baik sesuai rencana. Hari ini di bulan yang sangat baik bagi bangsa Indonesia Bukalapak secara resmi tercatat di BEI,” ujarnya, Jumat (6/8).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads