alexametrics

Ekspektasi Perang Dagang Capai Kesepakatan, Minat Rupiah Kembali Surut

6 Maret 2019, 09:23:26 WIB

JawaPos.com – Perdagangan nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) masih sulit bangkit dari keterpurukannya. Mengutip Yahoofinance, saat ini posisi rupiah masih lemas di level 14.125.

Analis Samuel Sekuritas Ahmad Mikail mengatakan, bukan hanya rupiah, dolar juga perkasa terhadap mata uang utama lainnya.

“Dolar Index menguat sementara Rupiah diperkirakan bergerak melemah. Dolar indeks diperkirakan menguat di level 96,6-96,8 terhadap hampir semua mata uang kuat utama dunia,” ujarnya Seperti dikutip Rabu (6/3).

Menurutnya, isu perang dagang antara AS dengan negara tirai bambu masih menjadi sorotan bagi investor pasar uang. Sehingga memberi kekuatan pada dolar untuk terus bergerak menguat.

“Hal tersebut didorong oleh ekspektasi investor bahwa akan tercipta kesepakatan dalam penyelesaian perang dagang antara AS dan China,” tuturnya.

Ahmad menyebut, dengan ekspektasi investor yang lebih positif terhadap hasil perundingan perdagangan diperkirakan investor akan akan lebih berani berinvestasi di pasar modal AS sehingga mendorong kembalinya arus modal ke AS.

Sementara rupiah akan terkena imbasnya sehingga kemungkinan akan mengalami pelemahan seiring menguatnya dolar index.

“Rupiah kemungkinan melemah ke level Rp 14.150/USD-Rp 14.190/USD,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Romys Binekasri

Ekspektasi Perang Dagang Capai Kesepakatan, Minat Rupiah Kembali Surut