JawaPos Radar

Rupiah Capai Level Rp 14.900, DPR Panggil Bos BI

05/09/2018, 15:53 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Rupiah Capai Level Rp 14.900, DPR Panggil Bos BI
Gubernur BI Perry Warjiyo dan Agus Martowardojo (Dery Ridwansyah/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Nilai tukar Rupiah telah mencapai level psikolgis Rp 14.900 per USD. Komisi XI DPR RI memanggil Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo beserta Deputi Gubernur BI Mirza Adityaswara dan Dodi Budi Waluyo, Rabu (5/9). Rapat yang dipimpin oleh Muhammad Prakosa, Wakil Ketua Komisi XI.

"Kalau kenaikan ini terus terjadi maka kita harus melihat inflasi. Dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi kita maka Bank Indonesia diharapkan dapat meningkatkan kenijakan moneter untuk makroprudential dengan memperhatikan risiko," jelas Prakosa.

Sementara itu, Perry mengatakan Bank Indonesia sudah melakukan langkah untuk stabilisasi. Diharapkan hal itu bisa menumbuhkan suasana ekonomi yang kondusif.

"Situasi global tidak menentu. Ada ketidakpastian yang meningkat ditengah pertumbuhan ekonomi yang tidak merata," jelasnya.

Tentu diharapkan ada langkah-langkah dari pandangan serta pendapat dari Komisi XI termasuk nilai tukar dan inflasi. Adapun Mengutip data Bloomberg, Dolar melemah Rp 14.925 pada pukul 10.17 WIB. Analis Chief Market Strategist Forex Time Hussein Sayed mengatakan, investor pasar uang masih berfokus pada Peso Argentina dan Lira Turki yang terjun bebas dan kehilangan sekitar separuh dari nilainya pada tahun ini.

Menurutnya, ketegangan dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok bukan satu-satunya faktor yang menekan nilai tukar mata uang pasar berkembang terhadap rupiah. Ini adalah akhir dari pelonggaran kuantitatif dan satu dekade suku bunga mendekati nol yang melanda pasar berkembang, situasi akan semakin memburuk apabila Federal Reserve tidak memperlambat laju pengetatan kebijakan moneternya.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up