JawaPos Radar

Cermati Profit Taking, IHSG Masih Rawan Koreksi Sepanjang Pekan Ini

05/02/2018, 06:55 WIB | Editor: Mochamad Nur
Cermati Profit Taking, IHSG Masih Rawan Koreksi Sepanjang Pekan Ini
Ilustrasi papan perdagangan lantai Bursa Efek Indonesia (DOK.DERY RIDWANSAH/JAWAPOS.COM)
Share this

JawaPos.com - Pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) sepanjang pekan ini masih rawan koreksi terhadap aksi ambil untung yang masih sejak pekan lalu. Berbagai sentimen negatif membuat pelaku pasar cenderung mengamankan posisi dan aksi jual kembali terjadi.

Analis PT Binaartha Sekuritas Reza Priyambada mengatakan, meski masih ada aksi beli, namun hal itu diperkirakan akan terbatas, sehingga peluang IHSG untuk bergerak lebih tinggi lagi pun terbatas.

“Jika ada sentimen negatif maka akan mudah untuk berbalik arah,” ujarnya di Jakarta, Senin (5/1).

Menurutnya, pelemahan IHSG pun terpengaruh dari pelemahan pasar saham global yang kembali memberikan imbas negatif pada pergerakan IHSG.

“Meningkatnya imbal hasil obligasi AS yang berimbas pada pelemahan obligasi dalam negeri yang diikuti pelemahan nilai tukar Rupiah terhadap USD hingga kekhawatiran akan meningkatnya tingkat suku bunga The Fed seiring dengan akan adanya pergantian kepemimpinan di internal The Fed membuat pelaku pasar cenderung mengamankan posisi,” tuturnya.

Pihaknya berharap, kondisi IHSG sepanjang pekan ini tidak terjadi aksi jual kembali secara masif agar tidak melemah terlalu dalam.

Reza menyampaikan, pergerakan IHSG pekan ini diperkirakan akan berada pada kisaran level batas bawah (support) di kisaran level 6.578–6.588 dan batas atas (resisten) 6.655–6.695.

“Tetap cermati berbagai sentimen yang dapat menahan peluang kenaikan IHSG serta waspadai potensi pelemahan akibat aksi ambil untung,” tandasnya.

(ce1/mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up