JawaPos Radar | Iklan Jitu

Asuransi Sinar Mas Lindungi Ribuan Petani Kopi Lewat Asuransi Mikro

04 Desember 2017, 04:10:59 WIB | Editor: Mochamad Nur
Asuransi Sinar Mas Lindungi Ribuan Petani Kopi Lewat Asuransi Mikro
Direktur Asuransi Sinar Mas Dumasi MM Samosir memberikan polis asuransi mikro kepada petani kopi di kecamatan Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumut. (Istimewa)
Share this

JawaPos.com - PT Asuransi Sinar Mas melakukan pembinaan terhadap petani kopi dan pengrajin usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara sehingga bisa meningkatkan nilai tambah dari hasil kopi dan kerajinan yang diproduksinya.

Program pembinaan dilakukan Asuransi Sinar Mas  dengan mengajak Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) di kecamatan Dolok Sanggul dan kecamatan Pollung untuk meningkatkan kualiatas biji kopi dan pengemasannya sehingga punya nilai jual yang lebih tinggi dibanding sekedar menjual kopi mentah.

"Kita bantu petani berhimpun dan secara bersama mengolah biji kopi yang diproduksinya lebih baik sehingga memberikan nilai tambah bagi petani," ujar  Dumasi M M Samosir, Direktur Asuransi Sinar Mas seusai menyerahkan polis asuransi mikro kepada petani di Dolok Sanggul, Sumatera Utara, Minggu (3/12).

Pembinaan kepada petani kopi dan pengrajin UMKM sebagai bagian dari program literasi keuangan yang dilakukan asuransi Sinar Mas dalam memperkenalkan sistem keuangan kepada masyarakat.

Pengenalan sistem keuangan, kata Dumasi, dilakukan asuransi Sinar Mas dengan memberikan polis asuransi mikro kepada ribuan petani, guru, anak sekolah di kecamatan Dolok Sanggung dan kecamatan Pollung, Kabupaten Hasundutan, Sumatera Utara.

"Kita berikan petani kopi, guru dan pelajar asuransi mikro secara gratis," ujar Dumasi.

Dia mengungkapkan, pemberian polis asuransi mikro gratis kepada petani sebagai bagian dari upaya Sinar Mas mengajak petani secara khusus dan warga pada umumnya untuk memahami manfaat asuransi.

"Kita ajarkan petani untuk bisa menabung. Intinya kita ajak petani untuk bisa menyisihkan penghasilannya untuk ditabung. Uang yang didapat dari hasil berkebun kopi tidak sekedar habis untuk makan sehari-hari," katanya.

Asuransi Sinar Mas memberikan perlindungan asuransi simas petani bagi 4 ribuan petani kopi di kabupaten Humbang Hasundutan ini. Petani kopi yang menerima polis ini merupakan anggota dari 186 kelompok tani yang berada di kecamatan Dolok Sanggul, Kecamatan Pollung, Kecamatan Lintongnihuta, Kecamatan Parlilitan, Kecamatan Onanganjang dan Kecamatann Sijamapolang.

(nas/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up