alexametrics

Mudah dan Nyamannya Beralih ke Kartu Debit Berlogo GPN

4 Agustus 2018, 06:59:13 WIB

JawaPos.com – Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) resmi diluncurkan pada Mei 2018 lalu oleh Bank Indonesia (BI). Kemunculannya merupakan penantian lama setelah melalui kajian panjang selama 20 tahun.

GPN adalah suatu sistem yang mengintegrasikan transaksi antar bank. GPN memudahkan masyarakat jika ingin melakukan transaksi pembayaran non tunai menggunakan kartu debit di toko atau merchant.

Setiap bank yang beroperasi di Indonesia wajib mengadopsi sistem ini dan merilis kartu debit GPN berlogo garuda. Kartu debit GPN bisa digunakan di seluruh mesin electronic data capture (EDC).

Mudah dan Nyamannya Beralih ke Kartu Debit Berlogo GPN
Ilustrasi nasabah menggunakan kartu ATM untuk bertransaksi di Gerai ATM (Pixabay.com)

BI mencatat hingga akhir Mei 2018 logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang tercetak pada kartu debit telah sebanyak 937 ribu. Sedangkan, jumlah yang telah terdistribusikan sebanyak 497 ribu kartu.

Saat ini, kartu berlogo GPN sudah tersedia hampir di seluruh bank nasional. JawaPos.com mencoba untuk merasakan kemudahan dalam menukarkan kartu debit biasa ke kartu berlogo GPN.

Pada kesempatan ini, bank yang dicoba adalah Bank BCA yang berada di kawasan Bekasi. Penulis pertama kali datang ke Kantor Cabang Pembantu (KCP) BCA yang berada di kawasan Jl. Juanda, Bekasi. Sayang, ketika tiba disana dan ingin menukar kartu Paspor BCA jenis Silver, kartu GPN yang diinginkan tidak tersedia.

“Mohon maaf untuk yang silver tidak tersedia disini. Untuk sementara bisa langsung Kantor Cabang Utama (KCU) Bekasi, bapak,” kata salah seorang petugas bank yang memberitahu dengan ramah.

Tidak lama berselang, penulis tiba di tempat tujuan selanjutnya. Beruntung, disana memang tersedia. Ketika tiba di lokasi, penulis dilayani dengan baik oleh sekuriti maupun pegawai bank bersangkutan.

Nasabah yang ingin menukarkan kartu ke GPN wajib mengambil nomor antrian dan akan diberikan formulir pengisian. Dalam formulir itu, nasabah hanya perlu mengisi nama, nomor rekening, jenis kartu BCA yang dipilih (dalam opsi ini ceklis keterangan kartu paspor nasional) dan melakukan tanda tangan.

Tepat pukul 10.00 WIB, penulis mendapat giliran untuk dilayani oleh customer service BCA. Priskila Nia, customer services BCA yang ramah dan cekatan melayani kebutuhan pergantian kartu.

Dalam tahap ini, nasabah tidak perlu membawa buku rekening tabungan untuk menukarkan kartu biasa dengan berlogo GPN. Namun patut diingat, nasabah perlu ingat informasi yang ada dalam kartu sebagai pertanggung jawaban. Seperti alamat tinggal, pekerjaan, nama orang tua, dan lainnya.

Proses peralihan ke kartu berlogo GPN juga tidak lama. Mungkin karena sang CS dan saya saling berbincang-bincang mengenai produk perbankan. Mungkin juga soal alamat rumah dan statusnya si CS cantik ini hehehe.

Tidak terasa waktu menunjukkan pukul 10.16 WIB. Kartu GPN yang penulis inginkan telah selesai. Selanjutnya, kartu ini sudah bisa digunakan dan harus diperpanjang setiap 5 tahun sekali seperti keterangan yang terdapat di depan kartu.

Bagi pemilik kartu GPN, kalian bisa bertransaksi di toko atau merchant manapun tanpa khawatir ada perbedaan electronic data capture ( EDC) yang dimiliki toko. Sebab, dengan GPN, semua pembayaran bank sudah terintegrasi dengan semua EDC bank.

Tapi perlu diingat, kartu yang bisa ditukar dengan berlogo GPN adalah jenis debit. Selain itu, GPN ini hanya bisa digunakan untuk di dalam negeri. Bagi kalian yang suka ke luar negeri, bank akan menawarkan untuk membuat tambahan kartu debit berlogo asing.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (hap/JPC)

Mudah dan Nyamannya Beralih ke Kartu Debit Berlogo GPN