alexametrics

Kendala BCA Dorong Masyarakat Beralih ke Kartu Berlogo GPN

4 Agustus 2018, 14:47:06 WIB

JawaPos.com – PT Bank Central Asia Tbk atau BCA mengakui tidak mudah dalam mendorong masyarakat untuk beralih ke kartu debit berlogo GPN. Masih ada sejumlah kendala yang menyulitkan perusahaan.

Direktur BCA Santoso Liem mengungkapkan, kendala yang saat ini dirasakan pihaknya adalah karena tingkat kehadiran masyarakat ke Kantor Cabang Pembantu (KCP) maupun Kantor Cabang Utama (KCU) masih rendah.

Pihaknya mengklaim hal itu dipicu karena nasabah BCA telah banyak menggunakan transaksi elektronik. Sebut saja layanan m-banking BCA.

“Yang perlu dilihat dan dipahami adalah bahwa kondisi masyarakat kalau kita lihat contohlah di BCA, ternyata yang sering datang di cabang kita data itu menunjukkan cuman 3 persen, 97 persen merasa tidak perlu datang ke cabang karena semua transaksinya bisa dilakukan elektronik,” ujarnya kepada JawaPos.com ketika dihubungi, Sabtu (4/8).

“Karena kesibukan nasabah kita nggak mungkin memaksa mereka. Inilah yang menjadi kesulitan utama karena ini kan penggantian kartu harus one by one,” tambahnya.

Meski demikian, pihaknya masih terus melakukan upaya dalam mendorong masyarakat untuk beralih menggunakan kartu berlogo GPN. Apalagi, BI juga mengimbau kepada masyarakat agar paling tidak memiliki satu kartu berlogo GPN.

Namun di sisi lain, BCA telah memiliki dispenser khusus yang memungkinkan nasabah bisa mengganti kartunya dengan cepat tanpa perlu ke customer service. Sayang, layanan ini masih terbatas dan hanya ada di KCU tertentu.

“Kami sedang memikirkan cara baru supaya lebih nyaman. Diantaranya kami punya mesin dispenser, tapi karena keterbatasan jumlah yang cuman 200 mesin dan hanya ada di cabang sementara, kartu lama tinggal dimasukkan, kasih PIN dan nanti akan keluar yang baru. Sudah (bisa cetak) langsung GPN, ada GPN ada (kartu) Indonesian standart,” tandas dia.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (hap/JPC)



Close Ads
Kendala BCA Dorong Masyarakat Beralih ke Kartu Berlogo GPN