alexametrics

Mudahnya Bertransaksi Pakai QR Code

4 April 2019, 20:57:48 WIB

JawaPos.com – Seiring berkembangnya zaman, perubahan dalam kehidupan sehari-hari juga ikut terjadi. Salah satu yang paling terasa adalah dalam bertransaksi. Jika dahulu bertransaksi lebih sering dilakukan secara tunai, namun saat ini transaksi non tunai juga mulai digemari.

Adapun sistem pembayaran baru non tunai berbasis quick response code (QR code) telah lahir. Sistem ini pun diklaim semakin memberi kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Asisten Gubernur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Filianingsih Hendarta mengatakan, seiring semakin banyaknya pengguna smartphone, kehadiran QR code bakal punya peran penting dalam aktifitas bertransaksi masyarakat.

Saat ini, QR code terus dikembangkan oleh BI, salah satunya dengan melakukan proses uji coba standarisasi alat pembayaran QR code yang diberi nama QR Code Indonesia Standart (QRIS).

“Kita lhat bahwa penggunaan smartphone sangat tinggi, ada 80 juta. Ini prasayarat untu bisa diimplementasikan QR code,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, Jakarta Pusat, Kamis (4/4).

Dikatakan Filianingsih, pihaknya mencatat ada lebih dari 25 penyedia jasa sistem pembayaran (PJSP) yang merupakan pelaku QR code. Menurutnya, bertransaksi dengan QR code cukup memberikan kemudahan.

“Transaksi non cash itu dengan adanya QR code jadi lebih mudah, saya merasakan. Sistem pembayaran ini jamu manis yang mendukung momentum pertumbuhan,” tuturnya.

Selain itu, dirinya menyebut jika QR code cukup user friendly bagi penggunanya. Di sisi lain, proses transaksinya menjadi lebih cepat dan aman.

“Ini user friendly baik untuk merchant atau nasabah. Kalau pedagang ini juga lebih cepat dan aman. QR code ini sumber dana bisa dari debit, tabungan berbagai macam sumber bisa digunakan,” tandasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi



Close Ads
Mudahnya Bertransaksi Pakai QR Code