JawaPos Radar

Pengumuman The Fed Hantam Dolar Paman Sam, Emas Dunia Bersinar

03/05/2018, 09:20 WIB | Editor: Mochamad Nur
Pengumuman The Fed Hantam Dolar Paman Sam, Emas Dunia Bersinar
Emas batangan (Pixabay.com)
Share this

JawaPos.com - Harga emas dunia naik 0,64 persen menjadi USD1.311,91 per ounce pada pukul 18.21 GMT. Sementara emas berjangka Amerika Serikat untuk kontrak pengiriman Juni naik 0,5 persen menjadi USD1.313,30 per ounce.

Mengutip laman situs resmi Reuters pada Rabu (2/5) atau Kamis (3/5) dini hari WIB, kenaikan harga emas menyusul  bank sentral Federal Reserve mempertahankan suku bunga tetap stabil. ”Kebangkitan dolar AS memberikan tekanan pada emas dan itu kemungkinan akan bertahan," kata analis Julius Baer, Carsten Menke.

Disisi lain, faktor pendorong kenaikan harga emas adalah kurangnya permintaan investasi mengingat adanya tekanan terhadap perdagangan global dari proteksionisme.

"Meningkatnya ekspektasi inflasi, tren komoditas yang bullish secara keseluruhan (preferensi siklus akhir untuk komoditas), risiko geopolitik dan keuangan diimbangi oleh apresiasi dolar dan kenaikan suku bunga riil," papar analis Saxo Bank.

Sebagai informasi, logam mulia lainnya, seperti harga perak di pasar spot melonjak 1,95 persen menjadi USD16,43 per ounce, dan palladium melambung 1,39 persen menjadi USD961,70 per ounce.

Sedangkan platinum naik 0,49 persen menjadi USD894,40 per ounce setelah mencapai USD888,50, Selasa, level terendah sejak Desember.

Sebagai informasi, Platinum digunakan dalam autocatalysts, terutama untuk mobil bermesin diesel, di mana permintaan jatuh setelah skandal emisi Volkswagen.

"Penjualan mobil diesel di lima pasar terbesar Eropa - Jerman, Inggris, Prancis, Italia dan Spanyol - menyumbang 37 persen dari total penjualan pada periode April. Penjualannya turun delapan poin persentase (year-on-year)," ungkap Menke.

(mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up