alexametrics

Siap Terbitkan Instrumen EBA-SP Syariah, SMF Tunggu Fatwa DSN

2 Maret 2018, 15:48:00 WIB

Jawapos.com – Untuk memperluas sumber pendanaan, PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF masih menunggu fatwa untuk menerbitkan Efek Beragun Aset Syariah berbentuk Surat Partisipasi (EBAS-SP).

EBA-SP merupakan investasi dalam rangka pembiayaan sekunder. Caranya dengan menjadikan tagihan kredit nasabah sebagai instrumen untuk mendapatkan dana segar.

Dengan kata lain membeli EBA-SP sama dengan membeli tagihan kredit perumahan dari perbankan. SMF pun sudah beberapa kali bekerjasama dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) guna menerbikan EBA-SP.

Tahun ini, SMF berencana menerbitkan EBA-SP Syariah untuk memperkaya instrumen investasi  memperbesar market share pasar modal syariah, serta membantu memitigasi risiko pembiayaan KPR iB bagi bank syariah pada umumnya.

“Setelah fatwa keluar kita sudah memiliki kepastian apa saja yang dibolehkan dan tidak dibolehkan,” jelas Direktur Sekuritas dan Pembiayaan SMF Heliantopo di kantornya, Jakarta, Jumat (2/3).

Setelah fatwa keluar, selanjutnya SMF akan melakukan pembahasan dengan potensial originator dan berdiskusi lagi untuk mengimplementasikannya.

“Jadi dalam waktu dekat (masih) menunggu fatwa,” terangnya.

Kerja sama penerbitan Efek Beragun Efek Syariah ini menggunakan sistem sesuai dengan prinsip syariah, sehingga setiap penerbitan efek wajib mendapat pernyataan kesesuaian syariah dari Dewan Pengawas Syariah atau tim ahli syariah pasar modal.

Ketentuan dan persyaratan mengenai Ahli Pasar Modal Syariah diatur dalam POJK No 16/Tahun 2015. Direktur SMF, Trisnadi Yulrisman mengatakan sedianya SMF akan keluarkan EBA-SP Syariah pada tahun 2018 ini. Sebelumnya SMF pernah menerbitkan EBA SP pertama kali sekitar Rp 200 miliar akan tetapi pernah menerbitkan KIK Efek Beragam Aset hingga Rp 500 miliar.

“Kalau secara regulasi, akad dan proses untuk menstruktur KPR syariah sudah siap tinggal berapa yang terkumpul asetnya. Jadi melihat pengalaman (yang pernah diterbitkan sebelumnya),” jelasnya.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : (uji/JPC)


Close Ads
Siap Terbitkan Instrumen EBA-SP Syariah, SMF Tunggu Fatwa DSN