JawaPos Radar

Rupiah Melemah Lagi Rp 14.434, Data Inflasi Bisa Jadi Penyelamat?

01/08/2018, 11:26 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Rupiah Melemah Lagi Rp 14.434, Data Inflasi Bisa Jadi Penyelamat?
Dolar AS (Dok. JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (USD) kembali bergerak melemah ke level Rp 14.400-an per USD. Melansir Bloomberg Dollar Index, Rabu (1/8) pukul 09.19 WIB, Rupiah pada perdagangan spot exchange melemah 20 poin atau 0,14 persen ke level Rp 14.434 per USD. Rupiah hari ini bergerak di kisaran Rp 14.434- Rp 14.454 per USD.

Sementara itu, Yahoofinance juga mencatat Rupiah melemah 22 poin atau 0,15 persen menjadi Rp 14.435 per USD. Dalam pantauan Yahoofinance, Rupiah berada dalam rentang Rp 14.413 hingga Rp 14.450 per USD.

Analis AAEI Reza Priyambada mengatakan, diharapkan rilis inflasi dan beberapa data makroekonomi lainnya dapat memberikan sentimen positif sehingga Rupiah dapat tertahan pelemahannya dan menemukan kembali momentum kenaikannya.

“Pergerakan Rupiah yang tertahan kenaikannya dan cenderung melemah diharapkan hanya bersifat sementara seiring kenaikan yang terjadi dalam beberapa hari sebelumnya,” ujarnya di Jakarta, Rabu (1/8).

Reza menjelaskan, pergerakan Rupiah sedikit mengalami pelemahan seiring laju USD yang berbalik menguat. Adanya rilis BoJ yang masih mempertahankan kebijakan suku bunga rendahnya membuat laju JPY melemah sehingga USD dapat memanfaatkan kondisi tersebut untuk berbalik terapresiasi.

Sementara itu, dari dalam negeri adanya penilaian dan langkah koordinasi dari Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), turut memberikan sentimen positif pada Rupiah.

KKSK menyimpulkan, stabilitas sistem keuangan Triwulan II-2018 tetap terjaga di tengah meningkatnya tekanan global. Untuk mengantisipasi ketidakpastian perekonomian global tersebut, KSSK telah melakukan asesmen dan mitigasi terhadap berbagai potensi risiko yang dapat mengganggu stabilitas sistem keuangan.

(ce1/mys/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up