alexametrics

The Fed Stop Kenaikan Suku Bunga, Rupiah Tembus Level 13.965

1 Februari 2019, 10:18:57 WIB

JawaPos.com – Nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat (AS) tembus level 13.900 an. Mengutip yahoofinance, Rupiah  makin perkasa lawan Dolar Paman Sam di level 13.965.

Analis Forex Time Lukman Otunuga mengatakan, Rupiah meroket ke level tertinggi 7 bulan baru karena Dolar secara umum melemah setelah Federal Reserve tidak mengubah suku bunga di bulan Januari.

“Jerome Powell memperkuat spekulasi pasar bahwa Fed akan menghentikan sementara kenaikan suku bunga tahun ini. langkah yang pada akhirnya akan memperlemah Dolar,” ujarnya Jumat (1/2).

Menurutnya, Federal Reserve mengambil langkah 180 derajat. Setelah meningkatkan suku bunga sebanyak empat kali di 2018, Fed mengatakan tidak akan tergesa-gesa menentukan penyesuaian mendatang yang sesuai terhadap rentang target suku bunga Fed.

“Kata kuncinya adalah tidak tergesa-gesaa dan penyesuaian. Tidak tergesa-gesa mengisyaratkan bahwa Fed mungkin sudah selesai dengan kebijakan pengetatan di jangka pendek, dan penyesuaian berarti suku bunga bisa naik atau turun,” imbuhnya.

Selain pendekatan yang tidak tergesa-gesa, Lukman menjelaskan lebih jauh, Fed sudah tidak menggunakan mode autopilot untuk menekan neraca. Bank sentral AS ini mengatakan telah siap untuk menyesuaikan detail apa pun untuk menyelesaikan normalisasi neraca sesuai dengan perkembangan ekonomi dan keuangan.

“Walaupun Fed tetap memandang bahwa aktivitas ekonomi masih sehat, Fed telah menurunkan evaluasi aktivitas ekonomi umum dari ‘kuat’ menjadi ‘baik’,” jelasnya.

Sementara di Indonesia, lanjutnya, perhatian investor akan tertuju pada IHK terbaru Januari dan data kedatangan wisatawan di bulan Desember. Rilis data ini dapat memberi isyarat mengenai keadaan ekonomi domestik. 

“Rupiah dapat semakin menguat apabila data ekonomi melampaui ekspektasi. Dari aspek teknis, USD terhadap rupiah dapat menantang 13970 di jangka pendek apabila Dolar terus melemah,” tuturnya.

Editor : Teguh Jiwa Brata

Reporter : Romys Binekasri

Copy Editor :

The Fed Stop Kenaikan Suku Bunga, Rupiah Tembus Level 13.965