alexametrics

Muhammad Nasir akan Surati Erick Thohir, Minta Dirut Inalum Diganti

30 Juni 2020, 17:07:48 WIB

JawaPos.com – Politikus Partai Demokrat Muhammad Nasir berencana melayangkan surat kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir. Nasir meminta Erick mencopot Orias Petrus Moedak dari jabatan Direktur Utama PT Inalum (Persero) atau MIND ID.

Kegeraman Nasir ini merupakan buntut ketegangan yang terjadi antara dirinya dan Orias saat Rapat Dengar Pendapat antara Komisi VII DPR RI dan holding tambang BUMN, pada Selasa (30/6). Dalam rapat itupun Nasir meminta Orias untuk meninggalkan ruangan.

“Saya minta diganti Dirut ini. Saya kirim surat secara pribadi, saya akan kirimkan ke Pak Erick sebagai Menteri BUMN,” kata Nasir.

Anggota Komisi VII itupun merasa Orias tak mampu menjelaskan dengan baik soal Freeport dan pendanaan Inalum. Nasir juga menilai, pihak Inalum tidak serius dengan rapat karena tidak mempersiapkan bahan lengkap.

“Dirut holding apa ini? Dibuat begini-begini kita. Bukan tempat main-main ini. Pikir Anda apa-apaan ini. Yang saya tanya ini materinya, karena bingung kita,” tutur Nasir.

Dalam rapat tersebut, Orias awalnya menjelaskan mengenai refinancing dari utang Inalum sebagai salah satu strategi pendanaan setelah ambil alih PT Freeport Indonesia (PTFI). Refinancing dilalukan dengan cara penerbitan obligasi global sebesar USD 2,5 miliar atau setara Rp 37,5 triliun (kurs 15.000).

Dana tersebut akan digunakan untuk membayar utang jatuh tempo sebesar USD 1 miliar. Sisanya, untuk akuisisi saham PT Vale Indonesia dan membantu membayar pinjaman anak usaha holding lainnya.

baca juga: Muhammad Nasir Usir Dirut Inalum dari Rapat: Kurang Ajar Anda!

Nasir tidak puas dengan penjelasan Orias karena tidak disertai bahan lengkap. “Kurang ajar, mau rapat nih bahannya harus lengkap. Anda jelasin sejelas-jelasnya, karena fungsi pengawasan dan anggaran di sini,” katanya.

“Kamu pikir negara ini (kalau) utang siapa yang mau bayar? Kamu? Enak betul kamu ngomongnya,” lanjutnya.

Nasir pun meminta pimpinan rapat, Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Alex Noerdin, untuk tidak mengizinkan Orias mengikuti rapat dengan Komisi VII. “Saya, Pimpinan, kalau ada orang kayak gini lagi, enggak usah ikut rapat,” katanya.

Bahkan sambungnya, lebih baik Orias diwakili oleh Wakil Direktur Utama Inalum. “Bila perlu, kita suruh datang Menterinya ke mari. Saya minta, kalau ada orang seperti ini, enggak perlu rapat lagi di Komisi VII,” pungkasnya.

Editor : Estu Suryowati



Close Ads