alexametrics

Menteri ESDM: Industri Hulu Migas Tak Akan Pernah Ditinggalkan

29 November 2021, 17:16:40 WIB

JawaPos.com – Industri hulu migas tidak akan ditinggalkan saat transisi energi berjalan. Pasalnya, sektor ini juga menjadi salah satu pilar ekonomi Indonesia.

Hal itu ditegaskan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di acara The 2nd International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (IOG 2021) di Nusa Dua, Bali, Senin (29/11).

“Peranan industri hulu migas yang rendah harbon diharapkan bisa menjadi energi pada masa transisi ini. Karena, industri hulu migas yang rendah karbon merupakan visi dari industri fosil dalam era transisi ke depan,” ujar Arifin.

Menurut Arifin, Indonesia sendiri saat terus menegaskan komitmen untuk mengusahakan peningkatan pengembangan dan penggunaan energi terbarukan, hal itu demi mencapai net zero emission pada 2060.

“Pada masa transisi energi ini, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain masalah reability energi baru dan terbarukan yang memerlukan teknologi untuk menjaga intermittency,” jelasnya.

Arifin juga menuturkan, berdasarkan hasil studi Universitas Indonesia (UI) atas dampak kegiatan usaha hulu migas tahun 2003-2017, Menteri Arifin Tasrif menyebut bahwa multiplier effect industri hulu migas terus meningkat. Karena sektor ini pada mulanya didesain untuk menghasilkan manfaat berupa penerimaan negara secara maksimal.

Editor : Dimas Ryandi

Saksikan video menarik berikut ini:




Close Ads