alexametrics

Jonan Curhat Gajinya Jadi Menteri Tak Cukup Buat Beli Mobil Listrik

29 November 2018, 18:01:10 WIB

JawaPos.com – Keinginan pemerintah untuk mengembangkan mobil listrik rupanya sejalan dengan keinginan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan untuk memiliki kendaraan tersebut.

Mantan Menteri Perhubungan itu sangat terkesan dengan mobil listrik dan berharap bisa membelinya. Sayang, Jonan mengakui jika gajinya sebagai Menteri ESDM saat ini belum cukup untuk membeli sebuah mobil listrik.

Ia mencontohkan, salah satu mobil listrik yang diinginkannya adalah buatan dari Tesla. Menurutnya, saat ini harga kendaraan listrik buatan pabrikan asal Amerika itu setara mobil Mercedes Bens S Class.

“Kalau tanya saya, saya punya sepeda motor listrik harga Rp 15 juta. Kalau beli impor, mobil listrik Tesla itu sebesar Mercedes Bens S Class, harganya Rp 5,5 miliar. Kalau saya disuruh beli mobil itu, promosi dulu dong. Saya bilang gaji saya enggak cukup untuk membeli mobil listrik itu,” ujarnya di Pertamina Energy Forum, Jakarta, Kamis (29/11).

Ia menambahkan, kebutuhan akan mobil listrik akan sangat berkontribusi bagi sektor energi dan industri di masa depan. Jika semua masyarakat Indonesia sudah menggunakan listrik, PT Pertamina (Persero) disebutnya bisa fokus untuk membangun pabrik Petrokimia raksasa di dalam negeri. 

“Kalau orang tanya, semua mobil listrik minyaknya buat apa. Ya buat petrokimia. PErtamina sebenarnya harus fokus besar di hulu dan petrokimia. Kalau hilir ini kan ya selama masyarakat ada ya pasti hilir jalan,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (hap/JPC)

Jonan Curhat Gajinya Jadi Menteri Tak Cukup Buat Beli Mobil Listrik