JawaPos Radar

Nicke Widyawati, Bos Pertamina Pilihan Jokowi

29/08/2018, 09:57 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Nicke Widyawati, Bos Pertamina Pilihan Jokowi
Direktur Utama Pertamina Nicek Widyawati (Fedrik Tarigan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno resmi menunjuk Nicke Widyawati untuk menggantikan Elia Massa Manik dari jabatan Direktur Utama PT Pertamina (Persero).

Nicke juga sudah mendapat jabatan Pelaksana Tugas (Plt) Dirut yang merangkap sebagai Direktur SDM Pertamina. Selain itu, Koeshartanto yang merupakan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Jasa Marga dipilih untuk menjadi Direktur SDM di Pertamina menggantikan jabatan Nicke sebelumnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurna menuturkan saat ini Menteri Rini tengah menanti restu dari Presiden Joko Widodo mengenai siapa yang selanjutnya akan menjabat sebagai Dirut.

“Saya belum tahu yang diajukan bu menteri tapi yang penting harus dapat restu Presiden,” kata Harry dalam setiap kesempatan.

Rini juga merombak Direktur Hulu Pertamina yang tadinya dijabat oleh Syamsu Alam ke tangan Darmawan Samsu.

Harry mengatakan saat ini kandidat yang akan mengisi jabatan Dirut ada yang dari internal Pertamina dan juga eksternal Pertamina. Nama-namanya akan segera ditetapkan apabila sudah mendapatkan restu dari Presiden Joko Widodo.

“Nanti kalau sudah ditetapkan oleh Presiden, dipilih oleh presiden bu menteri akan menindaklanjuti dengan pengangkatan,” jelasnya.

Harry Sampurno menuturkan sejatinya beberapa pertimbangan yang menjadi alasan perubahan direksi antara lain adalah karena rangkaian masalah yang menimpa perusahaan beberapa waktu terakhir seperti insiden kilang minyak di Balikpapan, harga BBM, kelangkaan premium serta pembentukan holding BUMN.

"Landasannya SK 39, kita sudah siap holding migas sudah jalan. Lalu dilakukan kajian-kajian komprehensif. Yang paling penting adalah meningkatkan pelayananan kepada masyarakat. Selain itu dewan komisaris melaporkan kondisi terkini kebetulan ada kejadian di Balikpapan, Premium, Pertalite, RDEP yang diharap sudah selesai. Dengan (perombakan) ini diharap bisa segera selesai," kata Harry di Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (20/4).

Adapun, Berikut adalah susunan direksi Pertamina yang lama:

1. Elia Massa Manik selaku Direktur Utama

2. Arief Budiman selaku Direktur Keuangan

3. Syamsu Alam selaku Direktur Hulu

4. Muchamad Iskandar selaku Direktur Pemasaran Ritel, merangkap Direktur Pemasaran Korporat sampai dengan penetapan direktur definitif

5. Nicke Widyawati selaku Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur, merangkap Direktur SDM sampai dengan penetapan direktur definitif

6. Direktur Manajemen Aset: Dwi Wahyu Daryoto

7. Direktur Pengolahan: Toharso

8. Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko: Gigih Prakoso

9. Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia: Ardhy N. Mokobombang

Dan di bawah ini adalah susunan direksi baru

Nicke Widyawati - Direktur Utama
Budi Santoso Syarif - Direktur pengolahan
Basuki Trikora Putra - Direktur Pemasaran Korporasi
Masud Hamid - Direktur Pemasaran Retail
M. Haryo Junianto - Direktur Manajemen aset
Heru Setiawan - Direktur MPP
Gandhi Sriwidjojo - Direktur infrastruktur dan logistik
Koeshartanto Direktur SDM.
Darmawan Samsu - Direktur Hulu.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up