JawaPos Radar

Jadi Dirut Pertamina, Ini Target Besar Nicke Widyawati

29/08/2018, 14:44 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Jadi Dirut Pertamina, Ini Target Besar Nicke Widyawati
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) (Dok. Humas Kementerian BUMN)
Share this image

JawaPos.com - Nicke Widyawati resmi dilantik sebagai definitif Direktur Utama PT Pertamina (Persero). Penunjukan Nicke sebagai bos perseroan itu sudah dikabarkan sejak lama, hanya selalu saja dibantah.

Usai dilantik, Nicke mengungkapkan jika dirinya memiliki satu target besar di BUMN minyak dan gas (Migas) tersebut. Target itu, kata dia, adalah mendorong kemandirian energi nasional.

"Kalau di sisi hulu harus tambah proyek dulu supaya impor menurun, yang di sisi kilang harus tambah kapasitas supaya impor dari produk kilang itu bisa diturunkan, kan kalau yang namanya mandiri kita bisa menyediakan semuanya dari domestik," ujarnya saat ditemui di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (29/8).

Dari sisi hilir, lanjut Nicke, pihaknya ingin menciptakan energi yang ramah lingkungan serta terjangkau bagi masyarakat. "Artinya kalau WK (wilayah kerja) baru itu merupakan strategi pertama bagaimana meningkatkan produksi hulu dengan WK," terangnya.

Dia menambahkan, masuknya Pertamina dalam pengelolaan Blok Rokan pada 2021 mendatang adalah salah satu upaya perseroan dalam mendorong produksi hulu migas. Menurutnya, kontribusi dari blok tersebut dapat mendorong kemandirian energi.

"Kalau kita dapat dengan Rokan masuk di 2021, maka 60 persen pasokan hulu Indonesia itu Pertamina saja. Jadi sebetulnya hasil yang didapat dengan kita mendapatkan WK baru untuk meningkatkan porsi Pertamina di dalam total produksi nasional di hulu," tandasnya.

(hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up