JawaPos Radar

Ditugasi Beli Minyak dari Dalam Negeri, Bos Pertamina: Lebih Murah Kok

29/08/2018, 17:47 WIB | Editor: Mochamad Nur
Ditugasi Beli Minyak dari Dalam Negeri, Bos Pertamina: Lebih Murah Kok
Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati (Fredik Fernando Tarigan/Jawa Pos)
Share this

JawaPos.com - Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi arahan kepada PT Pertamina (Persero) agar membeli seluruh hasil produksi minyak milik Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS). Hal ini dilakukan dalam rangka mengendalikan cadangan devisa dalam negeri yang terus berkurang.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menilai, harga yang dibeli perseroan sebenarnya sama saja. Hanya saja, Pertamina diuntungkan dengan biaya logistik yang jauh lebih murah dibanding harus impor.

"Asumsi harganya sama saja, biaya pengiriman kan lebih murah. kalau impor, dari luar tentu biaya transport lebih mahal. Kalau (produksi minyak) ini kan sudah di sini dan selama ini pun dari lokasi-lokasi tersebut yang porsinya pemerintah sudah kita ambil," ujarnya di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (29/8).

"Jadi, ya kalaupun dengan asumsi harga sama dengan di luar, ongkos transport pasti lebih murah dan at the end pasti lebih murah," sambungnya.

Selain itu, mantan Direktur SDM Pertamina itu juga menegaskan pihaknya tidak akan menghentkan impor minyak. Hal itu lantaran pihaknya harus menghormati kontrak jangka panjang dengan pihak importir.

"Ya mengurangi, bukan menghentikan, ini kan kalau kontrak jangka panjang kita harus tetap. Namanya kontrak kita harus tetap respectory contract tetap kita jalankan. Tapi kan banyak juga yang spot, short term. Itu yang kita gantikan dengan domestic crude," tandasnya.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up