PLN Amankan Pasokan Batu Bara

25 Agustus 2021, 16:16:35 WIB

JawaPos.com – Belakangan, harga batu bara mengalami peningkatan di pasar internasional. Akibatnya, pengusaha tambang lebih senang menjual komoditas di luar negeri.

Hal itu berdampak pada pasokan batu bara dalam negeri yang dibutuhkan PT PLN (Persero) untuk bahan bakar pembangkit listrik. Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN Agung Murdifi menuturkan, berbagai upaya diambil PLN untuk mengamankan pasokan batu bara.

“Seperti menyiapkan digitalisasi, early warning system, integrated system, serta kerja sama intensif antara PLN dan Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),” ujar Agung.

Implementasi alternatif pasokan melalui pembelian batu bara di pasar spot, optimasi distribusi pasokan, dan perbaikan pengelolaan logistik termasuk penjadwalan pengiriman juga terus dilakukan. PLN pun mengapresiasi langkah-langkah pemerintah dalam memastikan kesinambungan serta keandalan pasokan batu bara dan sistem kelistrikan.

Belajar dari pengalaman krisis pasokan batu bara yang sempat terjadi dan menimbang saran pemerintah, PLN menetapkan fokus pembelian batu bara langsung dari perusahaan pemilik tambang. BUMN itu juga menyiapkan perencanaan pemenuhan setiap tahun dengan mengutamakan kontrak jangka panjang.

“Dengan dasar harga yang dievaluasi setiap tahun,” imbuhnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (dee/c18/dio)

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads