Sub-holding Genco Jadi Terbesar Se-Asia Tenggara

22 September 2022, 15:01:58 WIB

JawaPos.com – Holding dan sub-holding PT PLN (Persero) resmi terbentuk. Pembentukan itu menyinergikan empat sub-holding yang ada, yakni PLN Indonesia Power (Genco 2), PLN Nusantara Power (Genco 1), PLN Energi Primer Indonesia, dan PLN Icon Plus.

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menuturkan, keberadaan holding dan sub-holding itu akan membuat proses bisnis efektif. Terutama seiring dengan pengonsolidasian sejumlah anak usaha. ”Dengan adanya holding dan sub-holding, aset pembangkitan kami konsolidasikan dalam sub-holding Genco,” jelasnya kemarin (21/9).

PLN sebagai holding utama akan membawahkan empat sub-holding. Pertama, sub-holding di bidang energi primer, PLN Energi Primer Indonesia. Tugasnya, antara lain, pengadaan batu bara, gas, dan BBM sebagai sumber energi pembangkitan listrik sekaligus memastikan sumber pasokan energi primer yang bersumber dari EBT. Sebelumnya, pengelolaan aset energi primer induk perusahaan seperti batu bara terpencar di lima titik kawasan.

Kedua, sub-holding di bidang pembangkitan, yakni PLN Indonesia Power. Lalu, PLN Nusantara Power yang saat dibentuk akan langsung menjadi generation company terbesar di Asia Tenggara dan siap bersaing di kancah global. Serta, sub-holding yang bergerak di pengembangan usaha dan inovasi di luar kelistrikan untuk kebutuhan masa depan, PLN Icon Plus.

Darmawan menjelaskan, PLN membentuk sub-holding generation company alias Genco yang terdiri atas PLN Indonesia Power dan PLN Nusantara Power. Sub-holding itu berfokus pada pengembangan pembangkit berbasis energi baru dan terbarukan (EBT) sekaligus panas bumi. Dua sub-holding Genco itu akan menjadi generation company terbesar di Asia Tenggara. ”Utilisasi aset pembangkit yang tadinya kurang maksimal kami optimalkan,” jelasnya. Keberadaan holding dan sub-holding diharapkan bisa menjadikan gerak PLN lebih gesit dan trengginas.

Menteri BUMN Erick Thohir menekankan, sudah saatnya sektor kelistrikan bisa berubah dan menyesuaikan diri. Terutama seiring dengan kebutuhan industri hijau dan green lifestyle yang makin berkembang. (dee/c19/fal)

Editor : Ilham Safutra

Saksikan video menarik berikut ini: