alexametrics

Luhut Jawab Tudingan Sudirman Said Soal Pertemuan Freeport dan Jokowi

22 Februari 2019, 16:38:19 WIB

JawaPos.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan buka suara soal tudingan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said. Menurut dia, tidak ada pertemuan rahasia antara kepala negara dengan Jim Moffet yang kala itu menjabat sebagai Executive Chairman Freeport McMoran.

“Saya kan bertemu juga,” kata dia saat ditemui di Jakarta, Jumat (22/2).

Mantan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) itu menegaskan bahwa Presiden Jokowi tidak pernah membuat kesepakatan yang merugikan bagi Indonesia.

Luhut Jawab Tudingan Sudirman Said Soal Pertemuan Freeport dan Jokowi
Mantan Menteri ESDM Sudirman Said (Dok. JawaPos.com)

Sebagai orang yang pernah menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri ESDM, Luhut memastikan jika kesepakatan dengan Freeport murni dilakukan dengan skema yang baru.

Selain itu, dia menilai, tidak akan ada kesepakatan divestasi 51 persen saham PT Freeport Indonesia (PTFI) ke PT Inalum jika tidak ada keuntungan bagi kedua belah pihak.

“Presiden tidak pernah ada deal macam-macam. Deal beliau selalu dalam koridor kepentingan nasional,” kata dia.

Sebelumnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan juga membantah tudingan tersebut. Menurutnya, apa yang sudah diputuskan pada saat itu sudah tidak relevan. Pasalnya, pada proses pengambilalihan saham PT Freeport Indonesia ke pemerintah Indonesia melalui PT Inalum (Persero) sudah melalui kesepakatan baru.

“Kalau ada pertemuan apa pun itu yang diputuskan kan sudah nggak relevan, kan kita tidak gunakan. Start dari nol. Memang agak lama dua tahun tapi kan nggak gaduh,” tuturnya beberapa waktu lalu.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Hana Adi

Copy Editor : Fersita Felicia Facette



Close Ads
Luhut Jawab Tudingan Sudirman Said Soal Pertemuan Freeport dan Jokowi