alexametrics

Pertamina MOR V: Kelangkaan Solar Terjadi Gara-gara Masyarakat Panik

19 November 2019, 15:15:11 WIB

JawaPos.com – General Manager Marketing Operation Manager Region (MOR) V PT Pertamina Werry Prayogi memastikan stok solar untuk Jawa Timur aman. Fenomena kelangkaan solar yang sempat muncul merupakan dampak panic buying. Dia meminta masyarakat tenang karena PT Pertamina siap melayani permintaan solar tersebut.

“Banyak yang borong solar. Itu terlihat dari penjualan beberapa SPBU yang biasanya 5 ribu per hari naik menjadi 8 ribu per hari,” katanya, Senin (18/11).

Dia menyebut masyarakat panik yang mengakibatkan solar di beberapa SPBU habis. “Nah, seolah-olah solar menjadi langka, padahal tidak,” tegasnya.

Penjelasan itu disampaikan seusai pertemuan tertutup dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di kantor pemprov, Jalan Pahlawan, Surabaya. Werry didampingi Kepala Dinas ESDM Jatim Setiadjit, perwakilan BPH Migas, serta Organisasi Angkutan Darat (Organda) Jatim.

Werry meminta masyarakat tidak terpengaruh berita yang sudah beredar. Dia memastikan stok solar aman. Pengusaha dan konsumen tak perlu resah. Termasuk saat masuk musim liburan Natal dan tahun baru.

“Kami sudah siapkan dan tidak ada masalah,” jelas dia.

Werry juga mengajak masyarakat menggunakan bahan bakar sesuai dengan status. Sebab, ada beberapa temuan kendaraan yang belanja solar tidak sesuai dengan status. Mereka tetap menggunakan solar bersubsidi.

“Padahal, truk tersebut tergolong industri. Itu tidak boleh,” tegasnya.

Setiadjit mengatakan, kuota solar subsidi di Jawa Timur mencapai 2.092.000 kiloliter per tahun. Kuota itu memang sudah habis. Tapi, Pertamina bersama BPH Migas tetap memberikan layanan kepada masyarakat. “Permintaan tetap dipenuhi,” ucapnya.

“Kami pastikan distribusi aman sehingga tidak ada antrean lagi di SPBU,” ungkap Setiadjit.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (riq/c19/oki)



Close Ads