alexametrics

KPPU Putuskan PGAS Solution Tidak Bersalah Pada Kasus Kalija I

19 Juni 2019, 11:44:31 WIB

JawaPos.com – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) memutuskan bahwa PT Perusahaan Gas Negara (PGAS) Solution, anak usaha PT Perusahaan Gas Negara Tbk, tidak bersalah terkait Pengadaan Pekerjaan EPC Proyek Pembangunan dan Pengoperasian Ruas Transmisi Kalija I (Kepodang – Tambak Lorok Semarang).

Sebagaimana diketahui, KPPU telah menyidangkan perkara dugaan adanya pelanggaran pasal 22 UU nomor 5 tahun 1999 terkait proyek pengadaan pekerjaan EPC proyek pembangunan dan pengoperasian ruas transmisi Kalija (Kepodang–Tambak Lorok Semarang). Dalam perkara yang terdaftar dalam nomor 11/KPPU-L/2018 ini, PT PGAS Solution sebagai terlapor I, dan terlapor II Sapura Offshore, Sdn. Bhd, dan terlapor III, PT Encona Inti Industri.

“Menyatakan bahwa Terlapor I (PT PGAS Solution), Terlapor II (Sapura Offshore Sdn. Bhd.), dan Terlapor III (PT Encona Inti Industri) tidak terbukti secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 22 UU No. 5 tahun 1999,” kata Ketua Majelis Komisi Sidang KPPU, Kodrat Wibowo, yang dipetik dari putusan perkara KPPU, Jumat (14/6). Selain Kodrat Wibowo selaku Ketua Mejelis, dan Ukay Karyadi serta Afif Hasbullah sebagai anggota majelis komisi.

Hasil peneriksaan yang dilakukan Majelis Komisi berdasarkan fakta-fakta persidangan, seluruh dugaan tindakan persekongkolan yang dilakukan oleh Terlapor I, Terlapor II dan Terlapor III dalam rangka pengaturan pemenang tender pada proses pra tender, proses evaluasi tender, tahap penetapan pemenang, dan tahap penandatanganan kontrak pada perkara a quo tidak terbukti.

Karena dugaan adanya persekongkolan tidak dapat dibuktikan, maka adanya dugaan tindakan persekongkolan yang dilakukan pada proses pra tender, proses evaluasi tender, tahap penetapan pemenang maka unsur bersekongkol tidak terpenuhi. “Dengan demikian tentang pemenuhan unsur Pasal 22 UU No. 5 Tahun 1999, Unsur tidak terpenuhi,” ungkap Kodrat.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : ARM

Close Ads