alexametrics

Mobil Konvensional Konsumsi BBM Rp 18 Ribu, Mobil Listrik Rp 1.444/kWh

19 April 2022, 04:48:45 WIB

JawaPos.com – Akselerasi ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) terus dilakukan. Hal itu diyakini bisa menarik minat masyarakat untuk berpindah menggunakannya.

Penggiat otomotif Fitra Eri Purwotomo menyebutkan, dirinya sempat kebingungan seusai mendapatkan “mainan” baru berupa kendaraan listrik, Hyundai Kona.

Fitra pun menghubungi PLN. Perusahaan listrik negara itu memberikan solusi dengan penyambungan baru daya 7.700 VA yang terpisah dari instalasi rumahnya. “Bayangannya seperti punya SPBU sendiri. Sampai rumah tinggal colok, besok paginya penuh. Saya tinggal lihat pengeluaran di meteran yang tidak dicampur dengan rumah. Benar-benar terukur dan terkontrol,” ujarnya kemarin (17/4).

Fitra menjelaskan, konsumsi 1 kWh mampu menjalankan Kona sejauh 9 kilometer di dalam kota. Artinya, hampir sama dengan mobil konvensional memakai 1 liter bahan bakar.

Harga seliter bahan bakar nonsubsidi sekarang sudah mencapai Rp 18 ribu. “Sedangkan 1 kWh di rumah saya sekitar Rp 1.444,” katanya.

Di sisi lain, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya Doddy B. Pangaribuan menambahkan, selain membantu instalasi perangkat home charging, PLN memberikan insentif untuk lebih menarik pelanggan. Di antaranya, diskon tarif listrik sebesar 30 persen kepada pemilik kendaraan listrik yang mengisi daya baterai pada pukul 22.00 hingga 05.00 WIB.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (dee/c7/dio)

Saksikan video menarik berikut ini: