alexametrics

Cari BBM Premium saat Mudik ke Jawa, Madura, dan Bali Bisa Cek di Waze

17 Mei 2018, 10:40:07 WIB

JawaPos.com – PT Pertamina (Persero) menyampaikan masyarakat dapat melakukan pengecekan pengisian bahan bakar atau SPBU melalui aplikasi penunjuk jalan Waze. Hal itu untuk memudahkan masyarakat selama perjalanan mudik untuk mengetahui lokasi SPBU terdekat.

Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menuturkan, pihaknya memanfaatkan teknologi aplikasi navigasi Waze untuk menunjukkan SPBU yang menyediakan bahan bakar minyak (BBM) jenis premium, khususnya di Jawa, Madura, dan Bali.

“Kami berikan kemudahan kepada masyarakat tentang SPBU mana yang telah menyediakan premium,” ujarnya di kantor Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), Tendean, Jakarta, Rabu (16/5).

Seperti diketahui, Pemerintah akan merevisi Peraturan Presiden Nomor 191 Tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Harga Jual Eceran BBM. Revisi itu dilakukan untuk menangani kelangkaan bahan bakar premium di beberapa wilayah di Indonesia.

Setelah Presiden Joko Widodo alias Jokowi meneken revisi, penyaluran premium di Jawa, Madura, dan Bali akan masuk golongan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP). Artinya, Pertamina harus menyalurkan Premium ke Jawa, Madura, Bali. Saat ini, Premium di Jawa, Madura, dan Bali termasuk BBM umum. Alhasil, Premium tak lagi disalurkan ke tiga pulau itu.

Nicke menyebut, saat ini terdapat 1.926 SPBU di Jawa, Madura, dan Bali yang tak menyalurkan premium. Mengenai tambahan kuota premium setelah revisi perpres, Nicke menunggu arahan BPH Migas.

“Kami menunggu kuota yang ditetapkan BPH Migas,” tandasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : (ce1/mys/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Cari BBM Premium saat Mudik ke Jawa, Madura, dan Bali Bisa Cek di Waze