alexametrics

Prabowo Bandingkan Produksi Biodiesel RI 20 Persen: Brasil 90 Persen!

17 Februari 2019, 21:38:22 WIB

JawaPos.com – Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto mengatakan akan menggenjot produksi minyak kelapa sawit (cruel palm oil/CPO) untuk bisa mencapai swasembada di bidang energi supaya mengurangi ketergantungan impor.

Seperti diketahui, saat ini pemerintahan era Joko Widodo terus menggenjot produksi Biodiesel 20 (B20) untuk dapat mengurangi ketergantungan impor minyak. Prabowo menyebut, Indonesia masih kalah dengan negara Brasil yang yang sudah mencapai B90.

“Saya tanya kepada para ahli dan pengusaha saat ini benar (B20). Tapi dibandingkan dengan Brasil sudah capai B90. Kita mampu untuk swasembada. Kita bisa manfaatkan produk kelapa sawit kita untuk biodiesel dan membangkitkan kesejahteraan petani,” ujarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Jokowi lantas merespons produksi dan penggunaan B20 telah mencapai di atas 90 persen dan akan terus digenjot hingga mencapai target 100 persen atau B30. Prabowo membalas, jika terpilih nanti, tidak hanya menggenjot biodiesel namun juga memanfaatkan jenis swasembada lain seperti aren, gula, maupun etanol.

“Konsekuen 80 persen, plasma 20 persen. Kita harus tingkatkan plasma lebih banyak. Kita bisa manfaatkan kelapa sawit jadi bahan bakar agar kurangi impor. Ini usaha mengarah pada kemandirian,” tandasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Romys Binekasri

Copy Editor : Fersita Felicia Facette

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
Prabowo Bandingkan Produksi Biodiesel RI 20 Persen: Brasil 90 Persen!