alexametrics

Darmawan Prasodjo: Rp 3.000 Bisa Gerakkan Mobil Listrik Sejauh 10 Km

17 Januari 2020, 23:08:35 WIB

JawaPos.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)/PLN menyebutkan, biaya yang dikeluarkan untuk kebutuhan energi lebih sedikit jika memakai mobil listrik ketimbang mobil konvensional. Dengan begitu, kata Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo, masyarakat bisa lebih berhemat.

Dia mencontohkan, jika harga seliter Pertamax bisa menempuh 1 kilometer (km), dan harga seliternya Rp 8.000, maka dibutuhkan Rp 80.000 untuk menempuh 10 km. “Kalau pakai listrik, 10 km itu berapa butuh dayanya? 2 kilo watt hour (kWh). Jadi kalau 1 Kwh itu Rp 1.500, maka hanya butuh Rp 3.000 kan,” kata pria yang akrab disapa Darmo itu, di Jakarta, Jumat (17/1).

Darmawan menjelaskan bahwa pembakaran BBM di mobil konvensional tidak maksimal. Dari satu liter bahan bakar minyak maksimal hanya 80 persennya yang bisa dikonversi menjadi tenaga penggerak mobil.

Sementara itu, listrik lebih efisien sebagai sumber energi penggerak mobil. Selain itu, listrik juga relatif tidak lebih menciptakan panas ketimbang bahan bakar.

“Coba diukur suhunya kipas angin. Kan itu listrik diubah menjadi energi kinetik, jadi angin. Itu dingin, tidak panas karena efisiensinya tinggi,” ucapnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Saifan Zaking


Close Ads