alexametrics

Tenaga Surya jadi Sumber Energi Utama ’10 Bali Baru’

14 November 2019, 20:15:35 WIB

JawaPos.com – Pemerintah akan memanfaatkan tenaga surya untuk membangkitkan listrik di sepuluh destinasi wisata. Sebagai energi baru terbarukan (EBT), tenaga surya jelas ramah lingkungan. Khususnya tenaga surya untuk sumber energi listrik. Ada sepuluh destinasi wisata yang segera menjadikan EBT sebagai sumber energi utama.

Staf Ahli Bidang Lingkungan Hidup dan Tata Ruang Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Saleh Abdurrahman menyatakan bahwa keputusan itu lahir dari diskusi panjang. “Pemerintah menargetkan pada 2025 nanti pemakaian EBT sudah mencapai 23 persen dari total bauran energi seluruhnya,” ungkapnya Rabu (13/11).

Dalam tahap pertama tersebut, ada sepuluh destinasi wisata pilihan yang akan menjadi lokasi uji coba listrik tenaga surya. Yakni, Danau Toba, Belitung, Kepulauan Seribu, Tanjung Lesung, dan Borobudur. Selanjutnya, destinasi lain adalah Bromo Tengger Semeru, Mandalika, Labuan Bajo, Wakatobi, dan Morotai (Maltara).

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS), menurut Saleh, akan mampu menghasilkan listrik 2.023,3 mw pada 2025. Semua itu berasal dari kumulatif RUPTL, target penambahan sinergi BUMN, pemasangan PLTS atap, serta penggunaan APBN (Kementerian ESDM dan K/L lainnya).

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (vir/c22/hep)



Close Ads