alexametrics

Komisi VII DPR: Tolong Jelaskan Kronologi Keluarnya Larangan Ekspor

14 Januari 2022, 20:37:23 WIB

JawaPos.com – Kebijakan larangan batu bara menimbulkan polemik. Anggota Komisi VII DPR Yulian Gunhar meminta pemerintah menjelaskan kronologi munculkan kebijakan larangan ekspor “mutiara hitam” tersebut.

Yulian Gunhar mengatakan, larangan ekspor batu bara sangat mengagetkan bagi pelaku usaha pertambangan batu bara. Maka dari itu, pemerintah melalui Kementerian ESDM perlu menjelaskan kronologi larangan tersebut. Pasalnya, Indonesia merupakan penghasil batu bara terbesar ketiga di dunia.

“Pak Dirjen tolong jelaskan kronologinya sampai keluarnya surat larangan ekspor itu (batu bara),” ujar Yulian Gunhar dalam keterangannya kepada JawaPos.com, Jumat (14/1).

Pernyataan itu juga disampaikan anggota Fraksi PDIP itu dalam rapat kerja Komisi VII dengan Kementerian ESDM di gedung DPR, Jakarta.

Anggota DPR dari Dapil Sumatera Selatan (Sumsel II) itu meminta pihak Kementerian ESDM menjelaskan secara terang benderang serta detail. Hal itu demi mengantisipasi perusahaan tambang batu bara yang menghindari kewajiban dari pembayaran domestic market obligation (DMO).

“Tolong dijelaskan secara detail, terutama perusahaan-perusahaan yang tidak memenuhi DMO. Agar kita tahu duduk persoalan seperti apa sehingga bisa memberikan respon semestinya,” ujarnya.

Editor : Ilham Safutra




Close Ads