alexametrics

Erick Thohir Minta Ahok dan Direksi Cek Ratusan Anak Usaha Pertamina

13 Desember 2019, 15:25:57 WIB

JawaPos.com – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mulai melakukan pembenahan di perusahaan pelat merah. Hal itu lantaran banyak anak dan cucu perusahaan BUMN yang cenderung merugikan induknya.

Erick mencontohkan PT Pertamina (Persero) Tbk yang memiliki anak usaha sebanyak 142 perusahaan. Erick meminta kepada jajaran Komisaris serta Direksi untuk melakukan pemetaan terhadap anak perusahaan Pertamina tersebut.

“Ternyata di Pertamina itu ada 142 perusahaan. Nah, ini yang saya minta juga dari Komisaris Utama dan Direksi Utama pada rapat Januari. Saya minta mapping 142 perusahaan ini usahanya apa? Terus, bagaimana kesehatan perusahaannya? Seperti apa,” ujarnya di gedung Ditjen Pajak Jakarta, Jumat (13/12).

Erick mengungkapkan, dirinya telah meminta Komisaris Utama (Komut) Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Direksi Pertamina untuk memeriksa ratusan anak usaha itu. “Saya juga enggak mau nanti ternyata, mohon maaf, 142 anak perusahaan ini hanya oknum-oknum yang akhirnya menggerogoti Pertamina. Ini sudah saya minta laporan dari Dirut dan Komut,” tuturnya.

Erick menekankan, jangan sampai ratusan anak usaha yang hanya diisi oleh oknum dan menggerogoti Pertamina dan nantinya akan ditutup. “Anak usaha yang hanya diisi oleh oknum dan menggerogoti Pertamina akan disikat,” pungkas Erick.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Romys Binekasri


Close Ads