JawaPos Radar

Menteri Rini Siap Jual Surat Utang Untuk Ambil Alih Blok Rokan

13/09/2018, 09:51 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Menteri Rini Siap Jual Surat Utang Untuk Ambil Alih Blok Rokan
Menteri BUMN Rini Soemarno mengunjungi pabrik INKA (Saugi Riyandi/JawaPos.com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno akan terbitkan surat utang dalam bentuk dollar AS untuk membayar bonus tanda tangan atau signature bonus untuk Blok Rokan. Rini mengatakan signature bonus yang harus dibayarkan kepada pemerintah senilai USD 700 juta.

“Pertamina dalam memenangkan Rokan kita harus bayar signature bonus kira-kira USD 700 juta nah itu kita akan menarik pinjaman jangka menengah,” kata Rini di Soehanna Hall, Jakarta, Rabu (12/9).

Pembiayaan offshore itu jadi pilihan pemerintah lantaran Pertamina juga harus menyetorkan pembayarannya dalam bentuk Dolar AS. Begitupun dengan pendapatannya kelak.

“Jadi dolar base karena kita harus membayarnya dengan dolar jadi otomatis kita dengan pinjaman dolar,” ujar Rini.

Begitu juga dengan perusahaan pelat merah lainnya seperti PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang hendak membangun power plan. Hampir seluruh komponennya adalah impor. Maka pendanaan yang dilakukan adalah dalam bentuk Dolar sehingga tidak menekan rupiah.

“Nah itu yang kita ambil dari offshore impor sehingga kita tidak menekan rupiah kita dengan demikian kebutuhan kita untuk dolar jangka pendek sekarang kita perpanjang,” jelasnya.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up