JawaPos Radar

Sanksi Iran dan Hurricane Florence Picu Naiknya Harga Minyak Dunia

12/09/2018, 09:16 WIB | Editor: Mohamad Nur Asikin
Sanksi Iran dan Hurricane Florence Picu Naiknya Harga Minyak Dunia
Ilustrasi ladang minyak (Pixabay.com)
Share this

JawaPos.com - Harga minyak mentah dunia langsung naik pada Rabu (12/9) menyusul penetapan sanksi Amerika Serikat terhadap Iran. Hal itu memicu pasar untuk memangkas suplai. Selain Iran, Hurricane Florence juga menjadi penyebab yang memicu naiknya harga minyak mentah.

Badai yang berasal dari Samudra Atlantik ini menyebabkan pasokan bahan bakar jadi berkurang menyusul evakuasi jutaan rumah tangga dan bisnis. Dilansir dari Reuters, Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS CLc1 berada di USD69,81 per barel pada 0047 GMT, naik 56 sen, atau 0,8 persen, dari posisi terakhir mereka.

Minyak mentah Brent berjangka LCOc1 naik 24 sen, atau 0,3 persen, menjadi USD79,30 per barel. Kenaikan memperpanjang lebih dari 2 persen di kedua benchmark mentah sesi sebelumnya.

"Harga minyak melonjak semalam karena data persediaan American Petroleum Institute menunjukkan penarikan besar dalam persediaan," kata William O'Loughlin, analis investasi di Rivkin Securities Australia seperti ditulis Reuters, Jakarta, Rabu (12/9).

Stok minyak mentah AS turun 8,6 juta barel dalam seminggu hingga 7 September menjadi 395,9 juta barel, American Petroleum Institute (API). Data resmi pemerintah mingguan akan dipublikasikan oleh Administrasi Informasi Energi AS (EIA) hari ini.

Di luar Amerika Serikat, pedagang telah berfokus pada dampak sanksi AS terhadap Iran, yang akan menargetkan ekspor minyak dari November.

Adapun, Washington telah memberi tekanan pada pemerintah lain untuk juga memotong impor, dan banyak negara dan perusahaan sudah mengantre dan mengurangi pembelian, sehingga memicu ekspektasi pasar yang lebih ketat.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up