alexametrics

Wamen Arcandra Bilang Harga BBM Bisa Turun Lagi, Ini Syaratnya

11 Februari 2019, 19:31:45 WIB

JawaPos.com – Harga bakar minyak (BBM) baru saja turun pada Minggu (10/2). Penurunan harganya bervariasi mulai dari Rp 100 per liter untuk Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) atau Premiun hingga Rp 1.100 per liter untuk Jenis BBM Umum (JBU) seperti Pertamax Cs.

Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengatakan harga BBM mungkin saja turun lagi. Semua itu tergantung pada Mean of Platts Singapore atau MOPS.

MOPS merupakan penilaian produk untuk trading minyak di kawasan Asia yang dibuat oleh Platts, anak perusahaan McGraw Hill.

“Itu sangat erat kaitannya dengan berapa harga means of platte of singapore. Mops itu bisa naik turun,” kata Arcandra di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (11/2).

Dijelaskan Arcandra, misalnya untuk menetapkan harga BBM bulan depan. Maka yang dijadikan patokan adalah MOPS rata-rata bulan sebelumnya. Untuk menentukan harga BBM pada Maret, maka dicari berapa rentang harga atas dan harga bawah MOPS dari 25 Januari 2019 hingga 24 Februari 2019.

“Setiap bulan akan dievaluasi berapa harga Mops bulan sebelumnya. Kalau Mops rata-rata turun maka harga turun. Kalau mops rata2 naik maka harga naik. Ini untuk JBU,” jelasnya.

Sedangkan untuk JBKP, lanjut dia, sudah ada formulanya. Formula ini akan dilihat juga dari kemampuan daya beli masyarakat bila harganya diturunkan atau dinaikkan.

Sebelumnya, Kementerian ESDM merilis harga jual eceran dihitung menggunakan formula Harga Jual Eceran = MOPS + konstanta + Margin + PPN (10 persen) + PBBKB (sesuai dengan Peraturan Daerah Provinsi setempat), dimana konstanta terdiri dari biaya perolehan di luar harga produk (alpha pengadaan), biaya penyimpanan dan biaya distribusi. Adapun MOPS serta besaran konstanta yang digunakan mengikuti ketentuan dalam Keputusan Menteri ESDM No. 19 K/10/MEM/2019.

Penetapan harga jual eceran Jenis BBM Umum oleh Badan Usaha tersebut mengacu pula ketentuan batas bawah dengan perhitungan margin sebesar 5 persen dari harga dasar dan batas atas dengan perhitungan margin sebesar 10 persen dari harga dasar. Sehingga, Badan Usaha dapat menetapkan harga jual eceran Jenis BBM Umum di dalam rentang batas bawah dan batas atas tersebut.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Uji Sukma Medianti

Copy Editor :

Wamen Arcandra Bilang Harga BBM Bisa Turun Lagi, Ini Syaratnya