alexametrics

Wamen ESDM Minta Perusahaan Tambang Terdaftar di Aplikasi MOMS

10 April 2019, 20:08:46 WIB

JawaPos.com – Kementerian ESDM menggelar sosialisasi aplikasi Mineral Online Monitoring System (MOMS). Sosialisasi itu untuk menggaet para perusahaan mineral dan batu bara (minerba) untuk mendaftar aplikasi MOMS dengan target 2.222 perusahaan minerba tahun ini.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan, Kementerian ESDM akan menjemput perusahaan minerba yang belum mendaftar. Di Surabaya, 70 lebih perusahaan minerba yang mendaftar.

“Nanti Kementerian ESDM kerjasama dengan dinas provinsi untuk memanggil daerah per daerah. Jadi, kami jemput bola,” kata Arcandra di Hotel JW Marriot, Rabu (10/4).

Dalam aplikasi tersebut, perusahaan tambang akan melaporkan data produksi, cadangan minerba dan hasil penjualan tambang. Sehingga, negara dapat mengetahui informasi lengkap mengenai perusahaan dan kegiatan tambangnya. Di sisi lain, perusahan juga akan mendapat transparansi dari aplikasi itu.

“Baik dari sisi pembayaran royaltinya, juga nanti hal-hal yang menyangkut pembagian daerahnya seperti apa. Karena, delapan puluh persen masuk ke (kas pemerintah) daerah,” jelas Arcandra.

Untuk itu, Arcandra memandang perlu edukasi kepada seluruh perusahaan minerba di daerah-daerah. Dirinya juga menyadari jika Kementerian ESDM juga harus mengikuti sistem yang sudah online tersebut.

“Kalau sudah dibuat sistemnya, tinggal bagaimana kami menerangkan kepada perusahaan – perusahaan ini untuk bergabung dan mau mendaftarkan diri pada MOMS. Sehingga, semua data jadi akurat,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Aryo Mahendro



Close Ads