JawaPos Radar | Iklan Jitu

Tarif Listrik Tak Naik di Tahun Politik, Ini Alasannya

10 Januari 2019, 18:21:32 WIB
Tarif Listrik Tak Naik di Tahun Politik, Ini Alasannya
Tarif listrik tak naik tahun ini (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Pemerintah telah memastikan tidak menaikkan tarif listrik selama 2019. Penyebabnya, harga energi batu bara sudah stabil. Apalagi, harga batu bara untuk pembangkit listrik sudah ditentukan pemerintah, yakni sebesar USD 70 per ton. Hal itu diyakini tidak akan membebani PT PLN (Persero).

"Kita baru selesai batu bara yang maksimum USD 70 per ton. Membuat sedikit nafas PLN," ujar Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Andy Noorsaman Sommeng di Kantor Ditjen Ketenagalistrikan, Jakarta, Kamis (10/1).

Tidak hanya itu, komponen energi primer lainnya seperti harga minyak juga dalam kondisi yang meyakinkan. Saat ini harga minyak dunia ada di level USD 60 per barel.

Bahkan, beberapa lembaga internasional, seperti JP Morgan memprediksi rata-rata harga minyak dunia di 2019 ada di kisaran USD 55 per barel.

"Kedua tanpa disadari tiga bulan terakhir harga turun terus. Sekarang, Brent crude USD 60, ICP USD 54. Masih oke, dibanding yang PLN khawatir mencapai USD 80 artinya USD 72 ICP-nya. Sekarang ICP USD 54, it's ok," katanya.

Keyakinan itu semakin menguat, lantaran pada tahun ini pemerintah berhasil menjaga angka inflasi 2018 di bawah sasaran 3,5 plus minus satu persen. Dengan target yang sama di tahun ini, ia yakin pemerintah bisa kembali menjaga pergerakan inflasi.

"Inflasi rendah, nilai tukar masih turun lagi, masih ok, itu jawaban maksud saya," pungkasnya.

Editor           : Saugi Riyandi
Reporter      : Hana Adi

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up