alexametrics

Pertamina Sebut Harga Avturnya Paling Murah di Indonesia

9 Juli 2019, 19:41:22 WIB

JawaPos.com – Tiket pesawat domestik yang melambung sempat menyeret harga avtur. Alasannya, harga avtur yang dijual PT Pertamina (Persero) di bandara kemahalan. Namun, Dirut Pertamina Nicke Widyawati menunjukkan data harga avtur di beberapa bandara Indonesia. Versi BUMN energi, harga avtur miliknya sudah paling murah.

Dari data yang ditunjukkan Nicke pada Senin (8/7) di Jakarta, harga Avtur yang murah tercatat untuk Bandara Soekarno-Hatta. Di bandara dengan kode CGK itu, Pertamina menjual dengan harga Rp 8.515 per liter. Sedangkan di Bandara Juanda, Rp 9.474 per liter. Harga tersebut berdasar data per Juni 2019.

Nicke mengatakan, harga yang dijual Pertamina juga berada di bawah batas harga yang ditentukan oleh Kementerian ESDM. Saat ini, batas bawah harga avtur yang diizinkan kementerian berdasar Kepmen No 17/K/10/MEM/2019 adalah Rp 12.624.

’’Sebanyak 60 persen penjualan avtur kami ada di Bandara Soekarno-Hatta,’’ ujarnya.

Dari data yang ditunjukkan, harga avtur Pertamina termahal ada di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar. Di sana, avtur per liternya dilepas Rp 10.257. Lebih murah daripada Shell yang menjual avtur di Hongkong International Airport (HKIA) yakni Rp 10.257.

Lebih lanjut Nicke mengatakan, Pertamina mau menjual harga di bawah ketentuan Kementerian ESDM karena punya komitmen mendukung industry penerbangan. Sebab, kalau harga avtur miliknya dijual mahal, ujung-ujungnya Pertamina juga yang akan kena.

’’Kami ingin harga avtur kompetitif. Selalu diset paling bawah,’’ katanya.

Nicke juga bilang kalau pihaknya tak mau tiket jadi mahal. Sebab, sepinya penumpang bisa berdampak pada turunnya demand avtur. Itulah kenapa, dia mau memastikan harga avtur Pertamina terjangkau untuk industri penerbangan. ’’Kami ada datanya. Paling murah di regional,’’ jelasnya.

Editor : Dhimas Ginanjar



Close Ads