JawaPos Radar | Iklan Jitu

Pertamina Pastikan Fasilitas Penyimpanan B20 Segera Rampung

09 Januari 2019, 18:43:24 WIB
Pertamina Pastikan Fasilitas Penyimpanan B20 Segera Rampung
Ilustrasi (Dok. JawaPos.Com)
Share this

JawaPos.com - PT Pertamina (Persero) memastikan fasilitas floating storage (penyimpanan terapung) untuk pengelolaan Fatty Acid Methyl Ester (FAME) di Balikpapan telah rampung dan efektif beroperasi. Nantinya,  penyimpanan berkapasitas 2x35 ribu tersebut dapat menampung Fame dari Badan Usaha Bahan Bakar Nabati (BUBBN). 

Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur PT Pertamina, Gandhi Sriwidodo mengatakan, rampungnya fasilitas penyimpanan Fame di Balikpapan, akan membuat BUBBN semakin efektif dan efisien.  

Pasalnya,  mereka hanya cukup mengirim hasil produksi mereka ke satu titik di floating storage itu, kemudian Pertamina yang bertugas melanjutkan pendistribusian fame dari tempat penyimpanan ke tempat penyampuran BBM dan fame.

"Dengan adanya floating storage ini, proses distribusi akan lebih tertata dan efisien," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (9/1).

Untuk saat ini, lanjut Gandhi,  pihaknya masih belum mengenakan tarif sewa tempat kepada BUBBN.  Perushaan plat merah ini masih akan mengkaji besaran sewa yang ideal. 

Namun,  ia menegaskan jika pengenaan biaya hanya berlaku untuk sewa tempat saja.  Untuk biaya distribusi,  akan ditanggung sepenuhnya oleh perseroan. 

"Tarifnya belum ditentukan tetapi yang pasti akan dibebankan kepada BUBBN secara kolektif. Karena sekarang kita jalankan target pemerintah, jadi kita jalan dulu. Untuk biaya sekarang, dibebankannya nanti akumulasi," kata dia.

Sementara itu,  fasilitas penyimpanan terapung lainnya yang rencananya bakal ditempatkan di Tuban,  Jawa Timur,  dipastikan tidak akan dibangun. 

"Storage di tuban tidak jadi. Setelah diteliti ada banyak ranjau laut sehingga kondisinya tidak memungkinkan," pungkasnya. 

 

Editor           : Teguh Jiwa Brata
Reporter      : Hana Adi

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up