alexametrics

Pembebasan Lahan Biang Keladi Lambatnya Pengembangan Blok Masela

8 April 2019, 16:26:09 WIB

JawaPos.com – Pengembangan Blok Masela hingga kini belum menunjukkan progres yang signifikan. Pembebasan lahan rupanya menjadi biang keladinya.

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan di kantornya, Senin (8/4).

“Ada 1.000 hektare lahan yang mereka minta segera dibebaskan, itu dia minta 4 tahun, saya bilang ngapain 4 tahun, setahun beres,” ujarnya.

Rencananya, perwakilan Shell bakal datang ke Indonesia untuk melakukan komunikasi. Meski begitu, pengembangan Blok Masela diakui tetap berjalan sesuai rencana.

“Masela nggak ada masalah, jadi tetap onshore, nanti Chairman Shell akan ke Indonesia tanggal 21, dia minta ketemu saya. Tapi overall nggak ada masalah,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Deputi III Bidang Koordinasi Infrastruktur Kemenko Kemaritiman, Ridwan Djamaluddin mengatakan, jika permasalahan lahan saat ini bakal dibantu penyelesaiannya oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Jika tidak ada kendala, dalam waktu 1-2 tahun pembebasannya selesai dilakukan.

“Kan lahan itu di bawah kewenangan KLHK, mereka sudah mengajukan, tanggapan KLHK sudah positif. Hanya memang, begitu kita tahu 3-4 tahun kita upayakan untuk lebih cepat 1-2 tahun,” pungkasnya.

Editor : Saugi Riyandi

Reporter : Hana Adi