alexametrics

Hingga Kuartal III, Antam Bukukan Laba Rp1,71 Triliun

6 Desember 2021, 11:03:01 WIB

JawaPos.com – PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) menunjukkan kinerja positif. Ini terlihat dari capaian laba yang dihasilkan perusahaan pelat merah tersebut sepanjang periode sembilan bulan pertama 2021. Direktur Keuangan Antam Anton Herdianto menuturkan, pertumbuhan kinerja keuangan perseroan tidak terlepas dari upaya ANTAM untuk melakukan peningkatan nilai tambah produk, optimalisasi tingkat produksi dan penjualan, serta implementasi strategi pengelolaan biaya yang tepat dan efisien.

Kinerja operasi dan keuangan ANTM yang solid tecermin dari capaian Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization (EBITDA) per Septermber sebesar Rp3,94 triliun. Sementara itu, laba usaha perusahaan hingga kuartal III tercatat sebesar Rp2,35 triliun, tumbuh 63 persen dibandingkan periode sama 2020 yang sebesar Rp1,44 triliun.

“Pertumbuhan positif laba kotor dan laba usaha mendukung capaian laba tahun berjalan kuartal III Antam sebesar Rp1,71 triliun, tumbuh 105 persen dibandingkan periode sama 2020 yang sebesar Rp835,77 miliar,” kata Anton, Senin (6/12).

Anton menjelaskan, implementasi strategi operasional yang tepat mendukung capaian profitabilitas seluruh segmen operasi utama Antam yang berbasis pada komoditas nikel, emas, dan bauksit. Hal tersebut tecermin pada posisi arus kas bersih perusahaan yang diperoleh dari aktivitas operasi kuartal III sebesar Rp4,45 triliun, tumbuh signifikan 298 persen dibandingkan periode sama 2020 yang sebesar Rp1,12 triliun.

Selain itu, Antam juga telah memberikan kontribusi kepada negara dalam bentuk royalti, Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), dan dividen. “Sebagai kontribusi kepada negara, pada tahun ini Antam telah memberikan kontribusi kepada negara sebesar Rp1,63 triliun,” tutupnya.

Pabrik Feronikel di Haltim

Editor : Estu Suryowati

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads