JawaPos Radar

Ini Alasan Jonan Tidak Mengerek Harga BBM Dalam Waktu Dekat

05/09/2018, 14:21 WIB | Editor: Teguh Jiwa Brata
Ini Alasan Jonan Tidak Mengerek Harga BBM Dalam Waktu Dekat
Petugas SPBU sedang mengisikan BBM ke tangki kendaraan. (Dok. JawaPos.Com)
Share this image

JawaPos.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan pemerintah tidak akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam waktu dekat. Usulan itu muncul ketika Indonesia dan negara emerjing market lain tengah menghadapi tekanan terhadap Dollar AS. 

Hal yang menjadi pertimbangan supaya BBM subsidi dinaikkan adalah banyaknya penyelundupan sehingga pasokannya menjadi berkurang. 

“Mungkin ada tanggapan kalau harga BBM rendah terjadi penyelundupan, mungkin iya. Itu ibarat saya tidak ada, kalaupun ada kecil sekali,” ujar Jonan di kantornya, Selasa malam (4/9).

Untuk itulah Pertamina dan Telkom lalu menerapkan digitalisasi nozzle supaya tidak ada lagi solar ataupun BBM PSO yang ditimbun. Sehingga, lanjut Jonan, kalau ada yang bilang impor migas terus naik tetapi secara volume tidak, artinya penyebabnya adalah harga minyak dunia yang naik sehingga impor menjadi naik nilainya.

Adapun, Jonan mengatakan seringkali yang menjadi perbandingan adalah neraca minyak dan gas, yang dilihat impornya saja akan tetapi penerimaan migas dari ekspor juga perlu dihitung juga. 

“Yang harus dibandingkan adalah penerimaan negara di bidang migas berapa ditambah ekspornya dikurangi impor (dan) itu cuma sedikit selisihnya. Penerimaan negara dari migas itu dalam USD, sama dengan ekspor, lah itu masa ga diakui,” kata Jonan.

(uji/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up