alexametrics
Harga Minyak Dunia Fluktuatif

Saran Jonan ke KKKS: Tingkatkan Efisiensi, Gunakan Teknologi Terkini

4 September 2019, 15:31:55 WIB

JawaPos.com – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengharapkan para Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS) melakukan efisiensi di tengah ketidakpastian harga minyak dunia. Salah satunya dengan menggunakan teknologi dalam produksi mutakhir.

Hal itu disampaikan Jonan saat membuka The 43rd IPA Convex di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (4/9). Menurut Jonan, efisiensi dibutuhkan agar biaya produksi yang dikeluarkan tidak terlalu membengkak.

“Coba cari cara lah. Kan ini KKKS besar, Exxon, Conoco, Pertamina, dan lain-lain. Ini menggunakan teknologi up to date sehingga biaya produksinya lebih rendah,” kata Jonan.

Jonan menilai, pergerakan harga migas sangat fluktuatif dan tidak bisa diprediksi. Sebab, pergerakannya dipengaruhi oleh gejolak politik, pasokan, dan kebutuhan.

“Kita itu tahu bahwa harga minyak adalah harga yang terjadi dengan mekanisme demand dan supply, dan pengaruh gejolak politik secara global. Sehingga harga minyak dan gas tak ada yang bisa menentukan,” bebernya.

Itulah kenapa, sambung Jonan, ia berharap para kontraktor bisa meningkatkan efisiensi dalam kegiatan produksi dan eksplorasi. “Saya pesan dengan KKKS bahwa yang penting melakukan efisiensi dari padabiaya produksi atau biaya eksplorasi dengan cara menggunakan teknologi yang lebih up to date,” tukasnya.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Igman Ibrahim



Close Ads