JawaPos Radar

PGN Mendukung Kehandalan Sistem Kelistrikan PLN di Sumbagsel

02/09/2018, 21:12 WIB | Editor: Saugi Riyandi
PGN Mendukung Kehandalan Sistem Kelistrikan PLN di Sumbagsel
Gas in di pembangkit listrik Lampung (Dok. PGN)
Share this

JawaPos.com - PGN terus mendukung keandalan sistem pasokan listrik di wilayah Sumatera Bagian Selatan dengan mengalirkan gas ke Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Talangduku–Palembang dan Lampung. Penyaluran gas PGN ke Sumatera Bagian Selatan sudah dimulai sejak 2010 untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) di Talangduku-Palembang dan pada 2016 di wilayah Lampung.

Saat ini total kapasitas pembangkit yang dipasok oleh PGN untuk kedua wilayah tersebut adalah sebesar ± 210 MW (Talangduku ± 60 MW, Lampung sebesar ± 150 MW). PLTG tersebut memasok kebutuhan listrik pada grid 150 KV yang selanjutnya diperuntukan sebagai pemenuhan kebutuhan listrik bagi sektor industri dan rumah tangga.

Penyediaan gas untuk PLTG selain untuk menjamin kehandalan sistem kelistrikan di wilayah Sumatera Bagian Selatan, namun sekaligus merupakan upaya dan komitmen PGN dalam mendukung kesuksesan penyelenggaraan Asian Games yang berlangsung sejak 18 Agustus 2018 sampai dengan 2 September 2018.

Lebih dari 50 tahun PGN melayani Indonesia, PGN memberikan solusi energi terintegrasi dengan kepemilikian dan pengoperasian pipa gas bumi sepanjang 7.453 km atau lebih dari 80 persen pipa Gas bumi hilir nasional. Dengan infrastruktur tersebut PGN telah dan terus akan mengalirkan ‘Energi Baik’ Gas bumi kepada lebih dari 185.000 pelanggan rumah tangga dan lebih dari 2.200 Pelanggan Komersial dan Industri termasuk di wilayah Sumatera Bagian Selatan.

PGN menyadari kebutuhan akan energi melingkupi lebih dari sekedar bahan bakar, namun tentang kebutuhan akan masa depan dan kehidupan yang lebih baik. PGN senantiasa memperbaiki diri untuk melayani negeri dengan pasokan gas bumi dan solusi terintegrasi.

Kedepannya, PGN berkomitmen untuk terus mengembangkan infrastuktur penyaluran Gas serta mengoptimalkan penggunaan gas bumi untuk mendukung terwujudnya Ketahanan, Kamandirian, dan Kedaulatan energi nasional.

(srs/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up