alexametrics

PLN Tawarkan Swasta Bangun SPKLU

1 Desember 2021, 23:29:51 WIB

JawaPos.com – PT Perusahaan Listrik Negara (Perseroan) saat ini sedang gencar membangun Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini mengungkapkan, saat ini PLN telah membangun sebanyak 60 unit SPKLU yang tersebar di 45 lokasi dan 20 kota.

Namun, dalam pembangunan SPKLU, PLN juga membuka kerjasama dengan pihak swasta yang ingin punya bisnis SPKLU. Hal itu dilakukan untuk mempercepat pembangunan infrastruktur SPKLU. Pihaknya pun telah menyiapkan skema bisnisnya.

“Peran dari swasta adalah menyediakan lahan infrastruktur maupun peralatan serta peralatan yang disetujui dalam perjanjian kerjasama dengan PLN,” kata Zulkifli dalam diskusi virtual, Rabu (1/12).

Zulkifli menjelaskan, nantinya pihak swasta bisa ikut dengan model sharing economy dalam penyediaan SPKLU. Tipe SPKLU yang akan dibangun juga disesuaikan dengan potensi pasar dan juga kebutuhan sektor swasta, misalnya untuk kendaraan bus atau taksi.

“Model kerja sama yang telah disediakan PLN untuk pihak swasta yaitu PLN berperan sebagai penjual tenaga listrik langsung kepada pemilik kendaraan EV,” sebutnya

Zulkifli menambahkan, selain SPKLU, PLN juga mendorong pengembangan kendaraan listrik roda dua. Hal iti dilakukan dengan membuat pilot project pengembangan SPBKLU (Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum) di Jakarta dan Surabaya yang melibatkan dengan pihak swasta.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri

Saksikan video menarik berikut ini: