alexametrics

Sisa Saldo E-Money Bisa Dicairkan, Ini Penjelasan Perbankan

31 Oktober 2017, 04:58:38 WIB

JawaPos.com – Pemilik uang elektronik (e-money) tidak perlu khawatir saldo mereka akan hangus. Sebab, pemilik e-money dapat mencairkan sisa saldonya di perbankan terkait.

Menanggapi hal itu, Vice President Digital Banking and Financial Inclusion Bank Mandiri Nandan Sandaya mengatakan, pihaknya bersama perbankan lainnya yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) berkomitmen untuk mengizinkan pencairan tersebut. Hal itu dilakukan sesuai aturan yang terdapat dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI).

“Sisa saldo diatur PBI, kita tidak boleh menghanguskan uang, berapa pun uang yang tidak digunakan lagi, bisa datang ke perbankan bisa melakukan redeem dan mendapatkan uang tersebut, meskipun sisa nominalnya sebesar Rp 3000 itu bisa ke perbankan,” ujarnya dalam diskusi di Galeri Nasional, Jakarta, Senin (30/10).

Hanya saja, sangat sedikit kemungkinan pemilik e-money ingin mencairkan saldonya. Sebab, saat ini dirinya mengklaim permintaan akan e-money meningkat.

“Di parkir saja, hampir semua operator parkir datang ke kita sekarang ini. Kita malah yang diuber oleh operator parkir yang masih menggunakan uang tunai,” tuturnya.

Sementara itu dari sisi pelayanan, dirinya mengklaim jika saat ini baik perbankan maupun pengelola jalan tol terus memberi pelayanan terbaik. Salah satunya apabila pelanggan e-money menemui kendala saat melakukan transaksi, maka mereka dapat langsung melaporkannya dan ditindaklanjuti saat itu juga.

“Sesuatu yang tidak sesuai bisa komplain dan bisa segera dilayani. Pada saat customer atau pelanggan mengalami kegagalan transaksi bisa komplain di gerbang tol, bisa saat itu juga dilakukan. Perbankan nanti bisa melakukan verifikasi dengan menghubungi pelanggannya,” ujar dia.

“Yang kedua pelanggan bisa melakukan komplain kepada cabang-cabang, apabila sesuatu transaksi yang tidak sesuai. Bisa ke bank atau BUJT (Badan Usaha Jalan Tol),” pungkasnya.

Editor : admin

Reporter : (cr4/ce1/JPC)



Close Ads
Sisa Saldo E-Money Bisa Dicairkan, Ini Penjelasan Perbankan