alexametrics

Jasa Marga Klaim Transaksi Nontunai di Gerbang Tol Sudah 100 Persen

31 Oktober 2017, 13:41:27 WIB

JawaPos.com – Sejak hari ini, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sudah menerapkan 100 persen pembayaran nontunai di seluruh ruas jalan tol operasi miliknya. Tujuh Gerbang Tol (GT) terakhir yang menerapkan 100 persen pembayaran nontunai adalah GT Surabaya dan GT Madura di Ruas Jalan Tol Surabaya-Madura, serta GT Kriyan, GT Penompo, GT Driyorejo 1, GT Driyorejo 2, dan GT Warugunung di Ruas Jalan Tol Surabaya–Mojokerto.

Di hari pertama implementasi sistem pembayaran tol nontunai, PT Jasa Marga mengklaim arus lalu lintas di Gerbang Tol Jabotabek dan di luar Jabotabek masih terpantau ramai lancar seperti biasa.

Di sisi lain, perseroan juga menyiagakan petugas operasional untuk membantu kelancaran di setiap gerbang tol. Para petugas juga dikerahkan guna melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pengguna jalan tol terkait sistem pembayaran nontunai.

“Selain memberikan edukasi kepada para pengguna jalan terkait elektronifikasi di gerbang tol, pada masa transisi ini, para petugas pengumpul tol berperan untuk memberikan bantuan kepada pengguna jalan tol yang mengalami kendala saat melakukan penempelan atau tapping uang elektronik,” kata AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Dwimawan Heru dalam keterangan tertulis, Selasa (31/10).

Sementara itu, Direktur SDM dan Umum Jasa Marga Kushartanto Koeswiranto menegaskan, penerapan pembayaran nontunai di jalan tol tidak berdampak pada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawan Jasa Marga ataupun anak usahanya terkait elektronifikasi ini.

Selain itu, pihaknya juga mengadakan program alih profesi, ia menyatakan selama masa peralihan sistem pembayaran ini, para petugas operasional di gerbang tol tetap dikerahkan untuk membantu kelancaran transaksi.

“Para petugas operasional masih bekerja seperti biasa di gerbang-gerbang tol untuk membantu kelancaran transaksi. Selain itu, selama masa transisi ini, Gardu Semi Otomatis (GSO) masih dioperasikan oleh petugas pengumpul tol,” tandasnya. 

Editor : admin

Reporter : (cr4/ce1/JPC)



Close Ads
Jasa Marga Klaim Transaksi Nontunai di Gerbang Tol Sudah 100 Persen