JawaPos Radar

Berani Gunakan Bitcoin? Ini Sanksinya

31/01/2018, 20:10 WIB | Editor: Saugi Riyandi
Berani Gunakan Bitcoin? Ini Sanksinya
ilustrasi bitcoin (Dok. JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Bank Indonesia (BI) gencar menyosialisasikan larangan penggunaan virtual currency, khususnya Bitcoin. Mata uang tersebut dianggap terlalu berisiko dan memberi ancaman bagi kestabilan moneter dalam negeri.

Lalu bagaimana jika sampai menggunakannya? Apa sanksi yang diberikan?

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI, Onny Widjanarko mengatakan, pemerintah akan memberi sanksi kepada pengguna mata uang virtual. Nantinya, sanksi itu sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

Berani Gunakan Bitcoin? Ini Sanksinya
Bank Indonesia (Dok. Jawapos.com)

"Itu ada di undang-undang mata uang artinya enggak boleh selain Rupiah untuk alat beli. Ada pidana, denda, dan kurungan penjara," ujarnya di Gedung BI, Jakarta, Rabu (31/1).

Sementara itu, Kepala Departemen Komunikasi BI, Agusman menegaskan, mata uang virtual jelas bukan alat pembayaran yang sah. Untuk itu, bank sentral telah mengingatkan sejak dini terkait sanksi yang akan diberikan kepada pengguna mata uang virtual.

"Sebetulnya begitu dari BI menegaskan bahwa itu bukan sebagai alat pembayaran yang sah itu sudah menegaskan bahwa akan membahayakan ekonomi. Sebenarnya sudah sangat mendasar untuk sistem pembayaran. Dan memang dengan ketegasan itu juga ada penugasan," pungkasnya.

(ce1/hap/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up