alexametrics
Transaksi Non Tunai Diberlakukan

Jasa Marga Tak Perlu Lagi Siapkan Uang Kembalian Rp 8 M Per Hari

30 Oktober 2017, 17:21:05 WIB

JawaPos.com – Mulai besok, Selasa, 31 Oktober 2017, sistem pembayar non tunai akan diberlakukan di seluruh ruas jalan tol. Itu artinya, pengguna jalan tol harus menggunakan uang elektronik untuk bisa bertransaksi di gardu tol.

VP Operation Management Layanan PT Jasa Marga (persero) Raddy R Lukman mengatakan, kondisi itu memberi keuntungan bagi pihaknya. Salah satu keuntungan yang diperoleh adalah, perseroan tidak perlu lagi menyiapkan uang kembalian yang begitu besar.

Menurutnya, saat transaksi tol masih menggunakan uang cash, pihaknya harus menyiapkan uang kembalian sebesar Rp 8 miliar setiap harinya.

“Meminimalisir kebutuhan uang kembalian. Kami setiap hari membutuhkan uang kembalian Rp 8 miliar setiap hari,” ujarnya di Galeri Musium Nasional, Jakarta, Senin (30/10).

Sementara di sisi lain, konsumen juga akan diuntungkan beberapa hal. Dari sisi kecepatan, penggunaan transaksi non tunai akan membuat antrian di tol berkurang.

Kemudian dari sisi uang cashnya, baik penumpang maupun pengelola jalan tol juga tidak akan lagi mendapatkan uang palsu yang kerap terjadi saat transaksi di gerbang tol.

“Untuk keamanan itu nggak ada cash lagi di gerbang tol. Masalah potensi uang palsu jadi hilang kan,” terangnya.

Tidak hanya itu, kualitas para pekerja di Jasa Marga juga akan membaik. Sebab, mereka yang biasa bekerja di lapangan terlalu sering menghirup polusi.

“Kualitas kesehatan SDM kita yang biasa bergelut di lapangan karena kena polusi lalu duduk di ruang sempit itu jadi bisa dihilangkan,” tandasnya. 

Editor : admin

Reporter : (cr4/JPC)



Close Ads
Jasa Marga Tak Perlu Lagi Siapkan Uang Kembalian Rp 8 M Per Hari