alexametrics

Kadin Jatim Dorong Wirausahawan Muda Sektor Agrobisnis Lewat YESS

30 April 2022, 21:46:19 WIB

JawaPos.com – Pemprov Jawa Timur (Jatim) yang menggiatkan industri pertanian direspons Kadin Jatim. Organisasi itu mengembangkan usaha guna melahirkan wirausaha muda di sektor agrobisnis.

Ketua Umum Kadin Jatim Adik Dwi Putranto menyatakan, pihaknya telah berkolaborasi dalam Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS). Program tersebut merupakan upaya percepatan dari Kementerian Pertanian yang bekerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) guna melahirkan wirausaha muda di bidang pertanian.

Di Jatim, program YESS bakal diterapkan di Malang, Tulungagung, Pacitan, dan Pasuruan. Ada sekitar 150 UMKM milenial yang akan dicari dan diseleksi untuk diberi akses investasi.

“Ini selaras dengan upaya kami untuk mengembangkan UMKM di Jatim. Dari aspek daya saing sampai kualitas produk,” ujarnya.

Staf Ahli Pemberdayaan Masyarakat Program YESS Alia Raya menyampaikan, saat ini Indonesia telah mengalami bonus demografi. Jumlah penduduk Indonesia didominasi generasi milenial dan generasi Z.

Karena itu, YESS berkomitmen mencetak wirausaha muda yang bisa didorong untuk mengembangkan sektor agro. Sebab, pertanian terbukti mampu membentengi Indonesia dari krisis pangan.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : (bil/c14/dio)

Saksikan video menarik berikut ini: