alexametrics

Mengintip Gurita Bisnis Operator Airport Lounge Taurus Gemilang Group

29 Februari 2020, 11:33:28 WIB

JawaPos.com – Salah satu ikon di jasa layanan fasilitas airport lounge, Taurus Gemilang Group (TG Group) meniti perjalanannya melalui kerja sama dengan Garuda Indonesia pada 1989 silam. Pop Mulhadi selaku pendiri telah melakukan ekspansi bisnisnya ke berbagai kota di Indonesia.

Setelah bermitra dengan Garuda, pihaknya melebarkan sayap bisnisnya ke berbagai bandara di Indonesia. Di antaranya, Bandara Juanda Sidoarjo, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Soekarno Hatta Tangerang, Sultan Mahmud Badaruddin Palembang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, dan Sultan Hasanuddin Maros.

Menariknya, TG Group tidak hanya berbisnis fasilitas airport lounge. Pada 2013, mereka mulai mengembangkan bisnis ke industri makanan dan minuman (F&B) di transportasi area.

Tepat pada 2013 lalu, Budi Purnomo dipercaya untuk melanjutkan bisnis Pop Mulhadi. Budi pun memilih pendekatan kolaboratif dengan berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah guna mengedepankan produk lokal.

Salah satu buktinya, ketika tender area komersial dilaksanakan di Terminal 3 Soekarno Hatta pada 2016 lalu, TG Group mengajak sekitar 12 pengusaha UMKM Pasar Santa Blok M, untuk bekerja sama. Mereka dikumpulkan ke dalam sebuah area bernama Kulinari Food Market, di lantai mezzanine, Terminal 3 Domestik, Bandara Soekarno Hatta.

“Di lokasi lain, TG Group juga membawa brand-brand lokal, di antaranya Liberica, Anomali, Warung Koffie Batavia, Waroeng Kita, dan Jajanan Bandara yang merupakan brand-brand lokal yang memiliki bahan baku lokal dan diproduksi secara lokal,” ujarnya dalam keterangannya yang diterima JawaPos.com, Sabtu (29/2).

Ambisi TG Group terhadap pengusaha UMKM, kata dia, terus dilanjutkan yakni dengan melakukan kerja sama dengan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa. “Kami pernah berkolaborasi membuat Gofood Festival. Ada sekitar 11 brand UMKM yang ikut memeriahkan Gofood Festival, berlokasi di tempat yang sama, di lantai mezzanine, Terminal 3 Domestik, Bandara Soekarno Hatta,” lanjutnya.

TG Group juga tercatat berhasil mengembangkan sebuah kolaborasi cantik dengan pemilik tempat makan ‘Made’s Warung’ Bali, yang diketahui sebagai brand lokal asal Bali yang berawal dari warung kecil pinggir jalan. Made’s Warung kini telah menjadi primadona serta berhasil masuk ke Bandara I Gusti Ngurah Rai  Bali di bawah bendera TG Group.

Setelah 50 tahun brand ini berdiri, ‘Made’s Warung’ akan merambah luar Bali, yaitu masuk ke salah satu mal besar di Jakarta, yang rencananya akan dibuka pada awal April 2020.

Editor : Estu Suryowati

Reporter : Romys Binekasri



Close Ads